Lapangan Gang Tilil Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

Lapangan Gang Tilil tahun 70'an 



Bercerita tentang lapangan Gang Tilil seakan bertamasya ke masa-lalu.
Lapangan ini berada antara jalan Tilil, Puter, puyuh, dan jalan Tikukur, letaknya tidak jauh dari lapangan Gasibu dan museum Geologi Bandung. Dikelilingi oleh rumah-rumah ex tentara KNIL Belanda. Sayang, sekarang arsitektur rumahnya banyak yang berubah.

Disebelah barat lapangan ini terdapat masjid Al-Manar, apotek Warga Djaja, penjual roti si Choa yang masih tetap eksis sampai sekarang. Dan SDN Tikukur tempat kakak saya yang perempuan mengenyam pendidikan SD nya.

Disebelah selatan, Toko si Eng Seng (juga masih bertahan). Di depan toko ini terdapat bak air peninggalan Belanda yang bentuknya menyerupai gunung kecil, tingginya tidak lebih dari 7 meter. Dulu, biasa dipakai anak - anak untuk bermain sosorodotan. Tempat ini sekarang dikelola oleh PDAM.

Di sebelah timur terdapat sebuah bangunan SD yaitu SDN Puyuh. Dulu, di sekolah ini setiap jam sekolah selalu ramai dipenuhi oleh penjual jajanan yang menjual berbagai jenis jajanan. Dari buah jamlang yang hitam kesed, buah huni yang super haseum, bubur sayur, es lapis, es gedang (pepaya), es lilin, es goyang, kurupuk banjur, sampai penjual jangrik dan penjual mainan anak yang legendaris yaitu, perahu otok - otok ada di sini.

Sebelum masuk kelas atau waktu beristirahat, murid - murid selalu ramai mengerumuni para penjaja jajanan. Murid - murid yang nakal yang uang jajannya pas - pasan seperti saya, biasanya suka iseng Darmaji (dahar lima ngaku hiji).

Tahun 70'an, 80'an sampai 90'an sebelum dan sesudah pulang sekolah, anak-anak biasa datang kelapangan ini untuk bermain sepak bola, ucing - ucingan, pris - prisan, bola kasti, dan lain - lain.

Pada bulan puasa lapangan Gang Tilil selalu ramai dipenuhi oleh anak - anak dan para remaja yang sengaja datang untuk ngabuburit. Menunggu berkumandangnya suara adzan atau bunyi sirene dari Gedung Sate, sebagai tanda untuk berbuka puasa.

Hari libur khususnya hari minggu pagi, biasanya lebih ramai dari hari - hari biasa. Karena para orangtua turut serta menemani putra - putrinya untuk naik kuda atau delman, berputar mengitari lapangan ini.

Wahana hiburan anak - anak seperti korsel/komedi putar, atraksi Tong Setan, pagelaran musik keras, dan layar tancap, selalu ada. Tidak pernah ketinggalan.


Pasar Malam Gang Tilil
Disebelah timur lapangan, tepat di depan SDN Puyuh setiap malam biasa dijadikan pasar malam. Pasar malam ini tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional. Karena diadakannya pada malam hari, jadi kelihatannya lebih ramai. Penjual pakaian jadi, kain meteran, sandal kulit dan plastik, sepatu, alat-alat rumah tangga, mainan anak-anak, dan makanan seperti tukang Martabak (alm. bapaknya si Buyung asal Sumatra - Barat), ayam goreng si Arab, tukang pisang goreng, dan lain-lain, tumplek - blek disini.

Malam minggu atau tanggal muda pengunjung akan lebih penuh dibanding hari biasa, karena mungkin dihari itu  mereka baru menerima gaji.
  
Itulah sekelumit Lapangan Gang Tilil ... it's not easy to forget. Oleh: Yandrie's - Bandung 6 Maret 2016.


Peristiwa Bandung Lautan Api Bahasa Sunda


 peristiwa bandung lautan api bahasa sunda
Harita téh poe minggu, poé nu sakuduna mah dipaké reureuh sarta kumpul jeung kulawarga. tapi pikeun rahayat Bandung mah, kalahka riweuh. Sapoé saméméhna, pamaréntah urang di Bandung meunang ultimatum ti pihak tentara Inggris, eusina, pasukan-pasukan Tentara Republik Indonesia, katut nu séjénna, kudu ninggalkeun kota Bandung, paling elat tanggal 24 Maret 1946.Mémang saméméhna ogé kaayaan Kota Bandung geus harénghéng. Dumasar kana kasaluyuan Pamarentah Indonesia jeung tentara Inggris nu sapongkol jeung tentara NICA. Baca selengkapnya > 


Biografi Oto Iskandar Dinata Si Jalak Harupat

 biografi bahasa sunda oto iskandar dinata
Kiwari urang boga salam nasional nu mangrupa pekik Merdéka bari nonjokeun peureup ka luhur. Salam anu ngagedurkeun sumanget para pahlawan bangsa dina mangsa revolusi fisik, enggoning ngarebut kamerdekaan bangsa Indonesia. Eta salam nasional téh diciptakeun ka Oto Iskandar Dinata, salasaurang pahlawan nasional nu asalna ti Tatar Sunda. Tangtu baé, jasa Oto Iskandar Dinata téh lain ngan sakitu-kituna. Perjoangan jeung ketakna dina ngabéla bangsa jeung lemah caina, natrat katembong dina lalakon hirupna. Baca selengkapnya >


Sejarah Bandung Dalam Bahasa Sunda

 sejarah bandung dalam bahasa sundaSawarehna jalma-jalma kiwari nu sapopoe nyeuseup hawa Kota Bandung, kawasna bae langka anu daek nyawang hese-beleke ngadegkeun jeung ngawangun ieu kota.
Buktina aya keneh, mun teu rek disebut loba oge, anu apilain kana aturan-aturan enggoning ngamumulena.
Padahal memeh aya teh euweuh heula. Memeh jadi kota, leuweung heula. Memeh rame, tiiseun heula. Baca selengkapnya > 


Dongeng Sunda Si Kabayan Hitut

Anggapan Walanda hitut teh kasehatan. Lamun teurab, teu sopan. Kocapkeun Si Kabayan hayang ngabuktikeun eta perkara. Pok nyarita ka babaturanana ; "Cenah ku urang Walanda mah hitut teh dipuji dibagus-bagus. Lamun teurab dianggap teu sopan ?".
"Ari kitu maneh rek kumaha?" ceuk babaturanana. 
"Kuring rek ngabuktikeun bener henteuna, kabeneran di urang aya Walanda kontrak,". ceuk Si Kabayan. Baca selengkapnya>
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Lapangan Gang Tilil Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar