Gamelan Sunda Kuno Sari Oneng

Dijual Buku Antik dan Langka



Adrian Walraven Holle, Administratur Perkebunan Parakan Salak-Sukabumi sedang memainkan rebab mengiringi gamelan Sunda Sarioneng (1860)


Gamelan Sari Oneng dulunya dipesan Adriaan Walrafen Holle, yang menjadi administratur perkebunan teh di Parakan Salak, Sukabumi, sejak 1857. Minatnya terhadap seni dan budaya Sunda itu menuntunnya untuk belajar hingga mahir memainkan rebab. Secara bertahap, ia memesan gamelan dari Sumedang dan ancak atau tempatnya dari pengrajin kayu di Thailand. Total Holle punya lima set gamelan.

Oleh administratur perkebunan teh Parakan Salak pengganti Holle, Gustaf Mundt, koleksi gamelan itu diangkut ke sejumlah negara untuk memeriahkan pameran teh, kopi, dan kakao, yang merupakan komoditas andalan Belanda saat itu. Dua set gamelan diboyong ke pameran di Belanda pada 1883. Sejak itu semuanya tak pernah kembali lagi ke Sukabumi. Salah satunya disimpan di museum Leiden, Belanda.

Dua set gamelan Sari Oneng dengan puluhan pemain atau nayaga dan penari pada 1889 diangkut kapal laut ke Paris, Prancis. Misi dagang yang dibalut seni budaya dari Hindia Belanda itu ikut memeriahkan peresmian menara Eiffel. Satu gamelan dimiliki museum musik di Prancis, satu set gamelan lagi kembali ke Sukabumi. Gamelan itu yang kini disimpan di Museum Prabu Geusan Ulun, Sumedang. Sumber: Tempo.co



Gamelan Sunda Kuno Peninggalan karuhun di Banjaran Kab. Bandung




Goong Renteng di Batukarut - Banjaran umurna Geus Leuwih ti 500 Taun.
Ditingali saliwat mah teu matak narik, teu pira ngan ukur logam parunggu, kitu oge geus aya nu ruksak deuih. Tapi upama ditelek-telek aya hal nu matak narik tina ieu gamelan nu disebut Goong Renteng di Batukarut teh. 

Ieu gamelan anu umurna geus leuwih 500 taun mangrupa Goong (2) Koromong gede (5), Koromong Leutik (12), Beri sapasang (rupana saperti katel), Ketcrek sapasang. Saron, 14 (opat belas lempeng), Kendang sapasang jeung Rebab (ieu dua rupa geus teu bisa dipake lantaran geus ruksak). Baca selengkapnya 


Sejarah Bandung Dalam Bahasa Sunda

 sejarah bandung dalam bahasa sunda
Sawarehna jalma-jalma kiwari nu sapopoe nyeuseup hawa Kota Bandung, kawasna bae langka anu daek nyawang hese-beleke ngadegkeun jeung ngawangun ieu kota.
Buktina aya keneh, mun teu rek disebut loba oge, anu apilain kana aturan-aturan enggoning ngamumulena.
Padahal memeh aya teh euweuh heula. Memeh jadi kota, leuweung heula. Memeh rame, tiiseun heula. Baca selengkapnya 




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Gamelan Sunda Kuno Sari Oneng

Posting Komentar