Kerajaan Pajajaran Dalam Catatan Belanda

Dijual Buku Antik dan Langka

Kerajaan Pajajaran Dalam Catatan Belanda


Pajajaran sebagai kerajaan yang sudah sirna dikenal Belanda sejak tahun 1687. Tanggal 1 September tahun itu Sersan Scipio dengan pasukannya mengunjungi daerah Batu tulis yang dicatatnya sudah berupa puing-puing yang dikelilingi hutan tua. Seorang diantara anggota ekspedisinya menderita patah leher karena diterkam harimau di daerah tersebut dua hari sebelumnya.

Scipio mengetahui dari anak buah Letnan Tanuwijaya (orang Sumedang) bahwa puing-puing itu peninggalan kerajaan Pakuan atau Pajajaran.

Tanggal 23 Desember 1687, G.J. Joanes Camphuijs menulis laporan kepada atasannya di Amsterdam yang diantaranya berbunyi :
dat hetseve paleijs en specialijck de verheven zilplaets van den javaense Coning Padzia Dziarum nu nog geduizig door een groot getal tijgers bewaakt en bewaart wort  (bahwa istana tersebut dan terutama tempat duduk yang ditinggikan kepunyaan raja Jawa Pajajaran sekarang masih dikerumuni dan di jaga serta dirawat oleh sejumlah besar harimau).
Laporan tentang harimau ini berasal dari penduduk Kedung Halang dan Parung Angsana yang mengiringi Scipio dalam ekspedisinya. Mungkin mereka itulah 'sumber isyu' bahwa prajurit Pajajaran berubah wujud menjadi harimau.

Tiga tahun kemudian Kapiten Adolf Winkler  diperintahkan memimpin ekspedisi khusus untuk membuat peta lokasi bekas Pakuan. Pada hari kamis tanggal 25 Juni 1690 Winkler beserta rombongannya tiba di lokasi bekas keraton. Ia menemukan 'een accrate steen vloering off weg (sebuah lantai atau jalan berbatu yang sangat rapi) jalan itu menuju ke bekas paseban tua dan di situ ia melihat ada 7 batang pohon beringin. Dari penduduk Parung Angsana yang mengiringinya Winkler mendapat penjelasan bahwa yang dilihat mereka itu adalah peninggalan Prabu Siliwangi.

Sejak saat itu nama Siliwangi mulai masuk dalam catatan Kompeni Belanda. Daerah Bogor selalu dicatatnya dengan nama Pajajaran,bahkan Gunung Pangrango'disebutnya Gunung Pajajaran. Juga Abraham van Riebeeck dalam ekspedisinya tahun 1703, 1704 dan 1709 selalu mencatat tentang de opgank van Pakowang atau rijsenden smallen toegank van pakowang dan vreeselijjke diepe gragt. Sejak permulaan abad ke-18, nama Pajajaran, nama Pakuan dengan jalan masuknya yang sempit mendaki dan diapit oleh parit yang dalam lingkungan pejabat inti VOC di Batavia. Van Riebeeck bahkan tergila-gila oleh bekas Kota Pakuan sehingga ia mendirikan rumah peristirahatan di sana yang dinamainya Somerhuijsje Batoe Toelis.

Mudah difahami bila kemudian tumbuh semacam anggapan dalam kalangan Kompeni Belanda bahwa keturunan Siliwangi adalah golongan bangsawan setempat. Mereka pun melihat bahwa di Pulau Jawa terdapat lapisan atau tingkatan kebangsawanan seperti di Eropa. untuk penertiban gelar, G.J.Van Imhoff yang bangsawan dan intelek serta penganut aliran romanrisme ajaran Rosseu itu pada tanggal 2 Maret tahun 1745 mengadakan zegelordonantie yang menetapkan tarif untuk permohonan gelar kebangsawanan yang terbagi atas 4 tingkat:

Pangeran : 150 ringgit
Adipati dan Tumenggung : 125 ringgit
Aria : 100 ringgit
Ngabehi dan Demang : 75 ringgit

Tanggal 25 mei 1750 pengelompokan dan tarif diubah menjadi: Ngabehi, Demang dan Rangga 60 ringgit.

Sebelum itu,lewat resolusi tanggal 15 November 1737 G.J. Adriaan Walckenier telah mengahadiahkan gelar pangeran untuk Bupati Sumedang. Pemberian gelar-gelar tersebut ditinjau dari berbagai segi, diantaranya dari derajat keningratannya. Dalam kaitan ini, wajar sekali bila para santana berupaya membuktikan dirinya sebagai keturunan langsung dari seorang tokoh yang terandalkan keningratannya. Untuk kawasan Jawa Barat, tokoh Siliwangi menjadi jaminan uatama yang diakui keabsahannya oleh Pemerintah Hindia Belanda yang mewarisi tradisi itu dari Kompeni Belanda.

Rupa-rupanya hal ini semata-mata urusan politik yang tidak disangkut-pautkan dengan persoalan disiplin ilmu Sejarah. Hal itu terlampau peka untuk diusik karena dapat menggoyahkan kesetiaan kaum santana dan priyayi pribumi yang menjadi andalan utama bagi kelangsungan kekuasaan Belanda di kawasan ini. Itulah mungkin keunikan tokoh Siliwangi dalam jalinan hubungan antara para santana pribumi dengan Pemerintah Hindia Belanda di masa lalu. Wajar seandainya terjadi penyadapan atau peminjaman nama Prabu Siliwangi sebagai leluhur untuk jaminan bahwa dirinya memiliki  darah kusumah. Hanya kelompok ini yang diberi peluang lebih besar untuk maju dan ikut memerintah oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sumber artikel : Seminar Sejarah dan Tradisi Tentang Prabu Siliwangi - Bandung 20 - 24 Maret 1985


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Kerajaan Pajajaran Dalam Catatan Belanda

Posting Komentar