Rumah Adat Madura Taneyan Lanjang

Dijual Buku Antik dan Langka

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjang

Desain rumah adat Madura disebut dengan Taneyan Lanjang. Nama ini sebenarnya diambil dari nama kampung Madura itu sendiri. Kampung Madura terdiri dari beberapa rumah adat yang menetap dala suatu daerah. Kampung ini biasanya dihuni oleh masyarakat yang hubungan kerabatnya masih dekat dan akrab.

Perkampungan yang dibangun pasti terletak di area yang dekat dengan tanah yang subur ataupun sungai. Pembatas antara lahan pertanian dengan rumah menggunakan beberapa tanaman atau bisa juga dengan meninggikan tanah disekitarnya yang disebut dengan tabun atau galengan.

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjang

Proses bertani dalam masyarakat Madura dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan satu kelompok terdiri dari 2 sampai dengan 10 rumah yang ditinggali mulai dari kakek nenek sampai dengan cucu-cucunya. Jika dilihat dari garis keturunannya, maka masyarakat Madura menganut matrilineal.

Rumah Adat Taneyan Lanjang lebih didominasi oleh kaum perempuan. Ini berarti pemilik rumah ada pada pihak perempuan. Walaupun begitu, laki-laki masih bisa memiliki rumah jika dibutuhkan. Susunan rumah adat Madura ini dibagi berdasarkan hirarki yang ada dalam keluarga. Penyebutan kelompok keluarga dalam masyarakat Madura disebut dengan rumpun bambu atau koren.

Sumber: http://www.lihat.co.id/properti/desain-rumah-adat-madura.html

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Rumah Adat Madura Taneyan Lanjang

Posting Komentar