Bandung Tempo Dulu Sebelum Perang

Dijual Buku Antik dan Langka



bandung tempo dulu




Suasana Kota Bandung Sebelum Perang
Pada masa sebelum perang, yang disebut-sebut Voor de Oorlog oleh Pak Raden (film Si Unyil), dinamika kota tercermin dalam ungkapan-ungkapan seperti : Mooi Bandung (Bandung Permai), Bandung Vooruit (Bandung Maju), atau Bandung Excelsior (Bandung Meningkat). Sehingga ungkapan itu dipakai orang untuk Nama majalah atau Nama komunitas (Perkumpulan) yang ada di Kota Bandung tempo doeloe.

Kehidupan masyarakat Belanda yang aman sejahtera di Bandung melahirkan suasana kehidupan yang mirip keadaan di Negeri Belanda. Itulah sebabnya Kota Bandung tempo dulu disebut oleh Tuan M. J .J. Kelling sebagai Eropa in the tropen.

Kata si Meneer Kelling, Ketua Perkumpulan Bandoeng Vooruit : Toch is er nog veel te doen om Bandoeng vooruit te brengen, opda onze woonplaatz en onze omgeving steeds meer onze leuze zal verwezenlijken : Bandoeng-Europa in the Tropen ..! Daarvoor hebben wij echter den steun en de medewerking van alle Bandoengers noodig..!!

Artinya : Toh masih banyak yang musti dikerjakan demi kemajuan Kota Bandung, sebab tanggung jawab kita buat membuktikan bahwa tempat pemukiman kita ini sesuai dengan semboyan Bandung Eropa di daerah Tropis. Untuk tujuan itulah kita memerlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat Bandung (Almanak Voor Bandoeng 1941).

Dengan kata lain, hanya bantuan partisipasi dan kerja sama warga masyarakatlah, bentuk angan-angan ideal sebuah kota bisa terwujud menjadi kenyataan.

Jadi sekali lagi : Keterlibatan dan rasa kebersamaan dari seluruh lapisan seluruh masyarakat banyak menentukan suksesnya sebuah kota.

Sumber:Wajah Bandung Tempo Dulu.Haryoto Kunto.1984




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Bandung Tempo Dulu Sebelum Perang

Posting Komentar