Alat Musik Tradisional Sunda Celempung

Dijual Buku Antik dan Langka


Alat Musik Tradisional Sunda Celempung



Celempung adalah waditra jenis alat pukul yang terbuat dari bambu, dimainkan dengan cara dipukul oleh alat pemukul. Waditra ini berperan seperti kendang, yaitu sebagai pengatur irama lagu.
Bentuk penyajian waditra celempung dinamakan Celempungan. Pertunjukannya dilengkapi waditra kacapi, rebab atau suling dan sebuah goong buyung .

Pengertian Istilah

Celempung merupakan alat bunyi yang diadopsi dari icikibung, yaitu bunyi permainan tradisional berupa pukulan telapak tangan dan gerak sikut diatas permukaan air, sehingga menimbulkan bunyi-bunyi yang khas. Permainan ini biasa dimainkan oleh para wanita (gadis) yang sedang mandi di sungai.

Bunyi-bunyi dari permainan icikibung itu ditiru dan dipindahkan menjadi waditra yang terbuat dari bahan bambu besar (awi gombong-Sunda), yang disebut celempung.


Bahan dan Rancang Bangun

Bahan dasar waditra celempung dibuat dari bahan bambu, untuk yang berbentuk bulat. Sedang untuk yang berbentuk segi enam atau segi delapan terbuat dari bahan kayu. Alat pemukulnya dapat dibuat dari bahan bambu atau kayu yang ujungnya dibalut dengan kain atau benda tipis agar menghasilkan suara nyaring, jika dipukulkan pada celempung.

Bagian-bagian celempung terdiri dari : sirah penutup pinggir sebelah kiri, pongpok, penutup sebelah kanan, dua utas sembilu berfungsi sebagai senar, talingkup penghubung kedua utas sembilu, nawa sebagai lubang suara, baham sebagai tempat mengolah suara. Sumber : Waditra Mengenal Alat-Alat Kesenian Daerah Jawa Barat.1994.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Alat Musik Tradisional Sunda Celempung

Posting Komentar