Alat Musik tradisional Sunda Angklung

Dijual Buku Antik dan Langka





Alat Musik tradisional Sunda Angklung 
Waditra Angklung termasuk jenis alat pukul,terbuat dari bahan baku bambu yang dibunyikan dengan cara digoyangkan. Jika dilihat dari bentuk rancang bangunnya,cara digoyangkan merupakan proses peraduan (bentrokan) antara kaki Angklung (bernada) dengan ruas bambu yang menjadi landasannya.

Oleh karena itu,cara membunyikan waditra Angklung tidak memerlukan alat bantu pemukul. Waditra ini tersebar diseluruh daerah Jawa Barat bahkan hampir diseluruh Indonesia dengan sebutan atau nama-nama yang berlainan.

PENGERTIAN ISTILAH.
Angklung berasal dari kata angka (nada),lung (patah/hilang): Angklung adalah ada nada yang hilang,atau ada bagian yang hilang. itulah sebabnya Angklung Banten terdiri dari 4 rumpun. Rumpun (ancak) terkecil dinamakan king-king,kedua disebut Ino,ketiga disebut jongjrong dan keempat (terbesar) diberi istilah Gong-gong.

Setiap rumpun terdiri atas dua tiga batang Angklung. Seperti yang terdapat dalam Angklung Badui,Buncis,Angklung Ciusul,Angklung Bungko,Angklung Sered,Angklung Gubrag dsb

BENTUK PENYAJIAN.
Penyajian waditra Angklung secara tradisional berfungsi sebagai sarana upacara adat atau seni upacara. Di desa Kanekes (Baduy-Banten),Angklung merupakan seni upaara yang berkaitan dengan tradisi berhuma (menanam padi) sampai dengan pelaksanaan panen.

Dalam fungsi yang lain. Angklung telah berkembang menjadi sarana hiburan atau seni pertunjukkan yang bersifat tontonan.

Waditra Angklung dapat disajikan dalam bentuk penyajian kolosal (rampak),terutama setelah dikembangkan menjadi Angklung Pak Daeng yang bertangga nada diatonis. Lagu-lagu yang disajikan tidak terbatas pada lagu-lagu tradisional Sunda.,namun dapat mengiringi lagu-lagu Nasional atau lagu mancanegara dengan penataan musik yang kreatif.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Alat Musik tradisional Sunda Angklung

Posting Komentar