Hiburan Anak - Anak Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

Hiburan Anak - Anak Bandung Tempo Dulu


Hiburan Anak - Anak Bandung Tempo Dulu

Pada masa lalu, aliran Sungai Cikapayang cukup deras. Sering dijadikan tempat rekreasi anak-anak. Sore hari anak-anak belasan tahun datang ketepi sungai Cikapayang, dibelakang Rektorium ITB-Jl.Tamansari, sambil membawa mainan perahu kayu, panjangnya tidak lebih dari 30 cm.

Ditengah mainan perahu ditancapkan sebatang lilin menyala, lalu perahu mini itu dihanyutkan di Sungai. Timbul-tenggelam dibawa arus Cikapayang menuju Pieter Park (Taman Merdeka). Nyala lilin yang berkedip menembus kegelapan sungai, menerobos bawah jembatan, diikuti oleh gerombolan anak-anak tadi dengan berlari anjing, disertai gelak tertawa gembira. Terkadang menjerit kecewa terdengar pula, bila sebuah perahu mininya tenggelam atau terbentur karang.

Sedangkan adik-adik kecil yang belum mampu membuat perahu mininya sendiri, mereka bisa mencari semacam 'kulit buah' dari tanaman Cucurutan(sunda) atau dikenal sebagai 'Sepatu Dua'(Sepatu Dewa), yang berbelah dua seperti perahu dengan ukuran panjang 15-20 cm. Nama latin dari jenis tanaman ini adalah ' Spathodea campanulata (Dr. C. G,g.van Steenis,'Flora',1947).

Dulu sekumpulan pohon itu bisa kita lihat di sebelah utara Pasar Balubur (Jl.Tamansari). Pada tempat itulah adik-adik kecil yang sekarang sudah pada aki-aki dan bapa-bapa, memungut kulit buah yang menyerupai perahu, dan dimuati sepotong puntung rokok, lalu dihanyutkan ke sungai. Itulah permainan yang asyik dan menarik ... asli anak-anak Bandung tempo dulu. Sumber artikel : Buku Wajah Bandoeng Tempo Doeloe.1984.Haryoto Kunto.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Hiburan Anak - Anak Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar