Musnahnya Bangunan Bersejarah di Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka


PARA PENGUNJUNG JAARBEURS DI BANDUNG
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1920-1926




Pelebaran jalan adalah salah satu acara dalam pesta pembangunan " Bandung Kuriak " (membangun).
Akibat pelebaran jalan di daerah pusat kota Bandung, yang notabene tidak memecahkan kemacetan lalu-lintas, banyak gedung dan rumah Tua-antik yang bisa diklasifikasian sebagai bengunan yang dilindungi, terpaksa dibongkar sebagain atau keseluruhan.

Gedung dan rumah yang mengalami nasib seperti itu bisa kita lihat seperti : Pasar Baru,(Jl. Oto Iskandar Dinata)Raya Barat, Gardu Jati, Kebon Jati,Astana Anyar,kelenteng: Cibadak, daerah Babatan dan Kosambi. Bahkan sebuah toko ujung timur Jalan.Suniaraja (bekas markas KAPPI-1966) yang dibangun pada abad-19, telah hilang ditabrak jalan melingkar. 

Masih belum bisa diketahui,sampai seberapa besar kerugian Sejarah-Budaya Kota Bandung, akibat hilang atau rusaknya bangunan-bangunan yang punya nilai Seni-Arsitektur tinggi di kota Bandung tercinta ini.

Salah satu dari 10 faktor yang mendukung pengembangan Kota Bandung masa lalu adalah, dibukanya jalur Kereta Api antara Bandung dengan Cianjur,yang sebelumnya telah dihubungkan dengan Jakarta,lewat Kota Bogor. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 Mei 1884, seabad yang lalu.


 Sumber: Wajah Bandoeng Tempo Doeloe.1984.Haryoto Kunto.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Musnahnya Bangunan Bersejarah di Bandung

Posting Komentar