Naik Delman Dari Bogor ke Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

Naik Delman Dari Bogor ke Bandung Tempo Dulu


Menjalani debutnya selama lebih dari satu setengah abad. Kereta berkuda tidak hanya beroperasi di dalam kota. Tapi sanggup jadi alat trasportasi antar kota dan daerah.

Setelah diceritakan oleh Tuan Forbes, pada tahun 1885 ia mengadakan perjalanan dari Bogor ke Bandung. Jarak 80 Mil ditempuh dalam 13 jam.

Dengan ongkos yang cukup mahal buat ukuran jaman baheula. Yaitu 20 sen tia Mil. Jadi ongkos Bogor - Bandung, dibayar oleh seorang penumpang sebanyak 18 gulden. Wah mahal pisan, tapi gak apa-apa kok, kata Tuan Forbes, karena pemandangan Priangan nan indah jelita, sepanjang perjalanan, cukuplah memadai dengan ongkos yang dikeluarkan. Syukurlah kalau begitu Mister. You memang termasuk Lucky man. Nggak sempat disruduk badak diperjalanan. Yes Very Lucky man Indeed...!!

Dalam jaman hemat energi sekarang, rasa-rasanya " Kereta Kuda " masih layak menggelinding di jalanan. Meski orang modernis yang mengejar efisiensi tinggi,mungkin tidak menyetujui pendapat ini. Sumber : Wajah Bandung Tempo Doeloe - Haryoto Kunto

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Naik Delman Dari Bogor ke Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar