Dongeng Anak-Anak Kelinci Yang Banyak Kawannya

Dijual Buku Antik dan Langka






Alkisah ada seekor Kelinci mempunyai banyak kawan di hutan yang dihuninya. Dia sering membanggakan dirinya, bahwa dia tak mungkin mengalami kesukaran karena pasti dibantu kawan-kawannya. Dia merasa bahwa dirinya adalah makhluk yang paling terkenal di antara kerajaan binatang.

Ujian bagi sang kelinci itupun datanglah. Seekor Serigala mengancam akan membunuhnya. Dalam hati kecilnya sang Kelinci merasa takut juga. Tapi untuk menutupi ketakutannya dia berusaha menghibur dirinya.

"Mengapa mesti takut bukankah kawan-kawanku banyak. Mustahil mereka tidak mau membantuku," Kata sang Kelinci itu dalam hatinya.

Maka pergilah ia kepada kawannya, seekor kuda. "Kawan Kuda yang baik, tolonglah aku dari ancaman serigala yang jahat." Melihat kelinci yang angkuh itu kuda menyambut dengan acuh tak acuh.

"Maafkan, kalau aku tak bisa menolongmu. Aku ada kepentingan yang lebih mendesak. Majikanku memerintahkan supaya membawanya ke kota. lagi pula makhluk yang terkenal seperti kamu itu akan mendapatkan pertolongan dengan mudah mudah dari binatang yang lain. Cobalah datang ke banteng, sahabatmu."

Dengan kesalnya pergilah Kelinci itu kepada sang Banteng: "O Banteng yang baik, barangkali kamu mau menolongku mengusir serigala yang mengancamku. Dengan tandukmu yang runcing, aku percaya serigala itu akan mati." 

"Maafkan, Kelinci, aku ada urusan yang lebih penting. Datang saja kepada kawanku kambing.

Maka pergilah Kelinci itu kepada Kambing, tapi ternyata mendapat jawaban yang sama.

Begitu selanjutnya dia mendatangi sahabat-sahabatnya yang lain. Tapi tak satupun yang mau menolong. Selalu saja mereka menunjuk yang lain.

Akhirnya serigala itu datang juga memburunya. Sambil mengumpat kawan-kawannya, sang Kelinci itu lari terbirit-birit. Dia menyadari bahwa yang banyak teman sesungguhnya tidak mempunyai satu temanpun.

 Sumber : Kumpulan Dongeng Oleh: Sulartoyo Sunoko dan Bandi 
Penerbit TARATE Bandung 1977




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dongeng Anak-Anak Kelinci Yang Banyak Kawannya

Posting Komentar