Dongeng Anak Anak Singa dan Tikus

Dijual Buku Antik dan Langka







Singa dan Tikus 
Suatu hari, ketika singa sedang tidur nyenyak,tiba-tiba seekor tikus dengan tidak sengaja merayapi kaki sampai ke hidung raja hutan itu. Akibat perbuatan tikus itu, si raja hutan itupun terbangun. Dia marah karena merasa terganggu tidur siangnya. Dengan geram ditangkapnya tikus itu. Mulut yang penuh dengan gigi yang runcing itu siap remukkan badan tikus itu.

"O, ampun,tuan raja. Sungguh mati hamba tidak sengaja. berikanlah kesempatan kali ini,tuan raja. Maafkan hamba yang hina ini telah lancang terhadap tuan raja.

Mendengar ratapan tikus yang malang itu dan setalah mempertimbangkan, kalau dimakan daging tikus itu tak akan kenyang, segera singa melepaskan tikus itu.

Dengan hati girang tikus itu berkata: " O,tuan raja,atas kebaikan hati tuan,hamba tidak akan lupa. Suatu kali,bila tuan dalam kesukaran barangkali hamba bisa menolongnya.

" Sudahlah, jangan banyak omong. Sukar bagiku untuk mambayangkan perananmu yang kecil itu,dapat menolong ku. Kau adalah debu yang tak berarti bagiku."

Selang beberapa lama, raja hutan itu kena perangkap seorang pemburu. Perangkap itu terlalu kuat, sehingga singa gagah perkasa itu terpaksa harus menyerah.

Singa berusaha untuk melepaskan diri dari perangkap yang terbuat dari tali itu. namun gagal si raja hutan itu tak berdaya dan putus asa. Matanya yang tadinya buas sekarang terlihat sayu. badan yang besar dan kuat, terpaksa meringkuk dalam perangkap itu.

Dalam keadaan putus asa, datanglah tikus yang pernah dibebaskannya.

"O, tuanku raja," Kata tikus itu perlahan-lahan. Alangkah malangnya nasib tuan." Singa itu terperanjat, melihat tikus yang pernah dibebaskannya itu.

" Dulu, tuan sukar membayangkan akan perananku. Nah, inilah waktunya !" Singa itu terdiam, tak kuasa menjawab. Tak terbayangkan olehnya,peran apakah yang hendak diberikan kepadanya.

Tanpa membuang waktu tikus itupun bekerja keras. Digigitnya anyaman tali itu satu persatu.

Tak berapa lama terasalah oleh singa itu bisa keluar dari perangkap. Segera dia melarikan diri masuk kedalam hutan kembali. ***

 Sumber : Kumpulan Dongeng Oleh: Sulartoyo Sunoko dan Bandi.
Penerbit TARATE Bandung 1977
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dongeng Anak Anak Singa dan Tikus

Posting Komentar