Adat Istiadat Suku Batak Mangoli

Dijual Buku Antik dan Langka




 Adat Istiadat Suku Batak Mangoli


Adat Istiadat Suku Batak Mangoli
Pada orang Batak terdapat kebiasaan, bahwa calon mempelai laki-laki atau ayahnya memberikan sinamot kepada calon mempelai perempuan atau keluarganya.

Beli ini disebut sinamot. Dalam kata sinamot tersimpul pengertian beli, dan mangoli dapat diartikan semacam uang belian (bahasa Jawa:tukon).

Sinamot tidak senantiasa berupa uang,tetapi dapat juga dibayar dengan: perhiasan, pakaian, binatang (kerbau dan babi) dll. Pada jaman dahulu budak-belian kerapkali dipergunakan untuk membayar sinamot.

Sinamot dapat diartikan pengganti kerugian yang diderita oleh keluarga-hula-hula,karena anak perempuan tersebut keluar dari marganya dan masuk menjadi anggota marga suaminya.

Sinamot dan perpindahan clain marga ini membawa akibat-akibat buruk terhadap:


a. kedudukan orang perempuan, Yakni kedudukan yang lebih rendah, tidak sejajar dengan kedudukan orang laki-laki.


b. hukum waris. Orang perempuan sama sekali tidak mempunyai hak waris. Hak atas barang-barang (harta-benda) peninggalan orang tua, mereka tidak memiliki, karena orang perempuan pada suatu saat akan pindah kelain marga. 


Bukankah orang perempuan tidak dapat kembali ke-marga orang tuanya karena telah dibeli?
Bahwa keadaan tersebut diatas itu pincang dan merugikan fihak perempuan dirasakan juga oleh masyaarakat disitu.

Karenanya di Tanah batak bagian Selatan terdapat kebiasaan, bahwa sinamot tidak perlu dibayar penuh, agar antara orang perempuan dan keluarganya masih tetap ada hubungan.

Juga perkawinan levirat tidak perlu lagi dijalankan, bila janda tersebut telah mempunyai anak laki-laki yang sudah dewasa dan dapat bertindak sebagai kepala-keluarga.

Pada orang Batak-Toba seorang janda yang tidak mempunyai anak masih juga diperbolehkan kembali ke-keluarganya *** Sumber: Ilmu Bangsa-Bangsa (Ethnologie) NV Masa Baru 1964. 


Adat Istiadat Suku Batak Mandingding Sumondo
 madingding sumondo




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Adat Istiadat Suku Batak Mangoli

Posting Komentar