Roman Siti Nurbaya Oleh Marah Rusli

Dijual Buku Antik dan Langka

siti nurbaya
Rumah di Sumatra Barat 1892 - 1905



SITI NURABAYA OLEH MARAH RUSLI.
Siti Nurbaya sama sekolah dengan Syamsulbahri. Mereka tinggal berdekatan. Setelah Syamsulbahri tamat Sekolah Rendah Belanda di Padang, pergilah ia ke Jakarta melanjutkan pelajarannya. Sementara itu hubungan batin antara kedua anak muda itu bertambah dalam juga.
Orang tua merekapun setuju kalau anak mereka itu kelak hidup berbahagia serumah tangga.

Tetapi malang,rencana titangan mereka, kadar ditangan tuhan.

Baginda Sulaiman, ayah Siti Nurbaya, jatuh perusahaannya, terpaksa meminjam uang kepada Datuk maringgih. Kesempatan ini dipakai oleh Datuk Maringgih untuk mendesak Baginda Sulaiman, agar dia diterima sebagai jodoh Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya terpaksa dikawinkan dengan Datuk Maringgih,tetapi akhirnya bercerai juga. Sekembali dari Jakarta, Siti Nurbaya meninggal dunia karena memakan racun yang dimasukkan orang kedalam tapai beras.


Syamsulbahri putus asa, lalu berusaha hendak membunuh diri, tetapi dapat digagalkan oleh seorang kawannya.


Sepuluh tahun kemudian, di Minangkabau terjadi pemberontakan pajak. Datuk Maringgih berpihak kepada barisan rakyat, menentang maksud penjajah Belanda itu, sedang Syamsulbahri muncul sebagai Letnan Mas, mengepalai pasukan Belanda untuk memadamkan pemberontakan itu.


Dalam pertempuran itu Datuk Maringgih meninggal di tembak oleh Letnan Mas yang tak lain dari Syamsulbahri, sedang Syamsulbahripun meninggal pula akibat serangan Datuk Maringgih dengan Pedangnya.

Syamsulbahri kemudian minta dikuburkan disamping kuburan Siti Nurbaya, dilereng gunung Padang. Sumber:Puisi dan Prosa Indonesia (Lama dan baru).1962.


Dijual Buku Siti Nurbaya Penerbit Balai Pustaka 1965 Klik  Disini
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Roman Siti Nurbaya Oleh Marah Rusli

Posting Komentar