Roman Salah Asuhan Karya Abdul Muis

Dijual Buku Antik dan Langka


roman salah asuhan abdul muis




Salah Asuhan Karya Abdul Muis


Dalam cerita yang lalu kisah bermain dikalangan bangsa sendiri, roman antara awak sama awak,d alam Salah Asuhan sudah lain coraknya. Pemudanya masih dari Minang juga, sedang anak gadisnya ialah puteri Indo-Perancis yang berkebangsaan Belanda.

Kisah dimulai dari Solok sebuah kota yang dulu tempat kedudukan Asisten Residen. Hanafi bersekolah disana, Corrie pun disitu pula.

Jadi sebagai Siti Nurbaya dengan Syamsul Bahri, perkenalan Hanafi dengan Corrie sudah semenjak kecil.

Hanafi dididik dengan pendidikan barat,cara barat, bergaul dengan orang barat, sehari-hari berbahasa barat, yakni bahasa Belanda. Perkenalan Hanafi dengan serba barat itulah yang menimbulkan rasa antipatinya kepada kaumnya, kepada bangsanya dan kepada segala adat-istiadatnya. Kalau ada juga orang yang dapat dihargainya, orang itu hanya satu saja, yaitu ibu kandungnya.

Pernah Hanafi terlanjur berbuat salah pada Corrie. Perbuatan itu menyebabkan beberapa lamanya hubungan mereka terhenti. Dalam saat demikian, dengan bermacam-macam jalan, ibunya mendesak supaya Hanafi menerima Rafiah, anak mamaknya, menjadi isterinya. Isteri Isteri Pemberian Ibu ini diterima Hanafi untuk menyenangkan hati ibunya. Tapi Hanafi belum menganggap kawin itu, sebagai perkawinan pilihannya sendiri.

Pada suatu hari terjadilah kemalangan yang menguntungkan Hanafi. Ia digigit anjing gila. Karena itu harus berobat ke Jakarta. Disana ia bertemu kembali dengan Corrie. Api yang sudah lama redup, sekarang nyala kembali. Pertikaian lama dilupakan. Cinta baru tumbuh lebih mesra dari dulu.

Tapi Hanafi masih merasa ada halangan, yaitu Rafiah dan kebangsaannya pula dengan kebangsaan Belanda. Sekarang ia bernama Christian Hans.

Perkawinan dengan Corrie dimulai oleh awan gelap. Paman kawan Corrie yang sudah bersedia menerima Corrie untuk mengadakan perayaan dirumahnya, tiba-tiba menolak mentah-mentah. Sebabnya satu saja, Christian Hans disangkanya betul-betul orang Belanda, tapi rupanya Belanda kulit hitam. Dia benci kepada yang berkulit warna.

Setelah Hanafi kawin,rumah tangga tambah suram. Fitnah berkeliaran kiri kanan. Hanafi terjebak fitnah itu. Corrie lari ke Semarang. Tak lama disitu ia jatuh sakit(sakit tipus).

Sebelum meninggal Hanafi masih sempat berjumpa. Sesal tumbuh, tapi jiwa Corrie tak dapat ditahan oleh penjelasan. Corrie pergi untuk selama-lamanya.

Dengan patah hati Hanafi pulang ke Padang,terus kekampung halamannya. Orang kampung tak kenal dia, malahan menggelari dia Belanda pusung.

Tidak lama Hanafi kedapatan meninggal dalam kamarnya, sehabis memakan tablet sublimat.

Rafiah kembali kerumah mertuanya. Kepada Syafei, anak Hanafi dengan Rafiah yang sudah agak besar, neneknya mengatakan bahwa Syafei akan dididik, belajar agama dan adat istiadat. Tidak seperti ayahnya yang salah asuhan itu. Sumber : Puisi dan Prosa Indonesia. (Lama dan Baru) 1962
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Roman Salah Asuhan Karya Abdul Muis

Posting Komentar