Sastra Hikayat yang Berasal Dari Hindu

Dijual Buku Antik dan Langka

Sastra Hikayat yang Berasal Dari Hindu
Candi Cangkuang (Garut-Jawa Barat) candi peninggalan agama Hindu 


Sastra Hikayat yang Berasal Dari Hindu
Ketika di Indonesia berkembang pengaruh agama Hindu, masuk pulalah pengaruh kesusastraannya. Diantaranya yang terkenal ialah:

1. Hikayat Mahabarata
2. Cerita Sri Rama

Hikaya Mahabarata dikarang oleh Wyasa. Ditulis dengan memakai bentuk seloka, setebal 100.000 seloka.

Pelaku dalam cerita ini, ialah kaum Pandawa dengan kaum Kurawa,dua kaum yang bersaudara. Tetapi karena memperbutkan kekuasaannya,akhirnya terjadilah perang saudara,yang berakhir dengan kemenangan kaum Pandawa,walaupun dengan korban yang amat banyak.

Ramayana dikarang oleh Walmiki. Yang disalin kedalam bahasa Jawa Kuno yang dinamakan Ramayana Kakawin. Ceritanya ditulis dengan bentuk seloka juga, kira-kira 24.000 seloka.

Pelaku dalam cerita ini ialah Sri Rama, Sinta dan Laksamana berlawanan dengan Rahwana dengan kemenangan Rama. Selama dalam tawanan, Sinta tetap setia kepada Rama. Cerita Rama lebih digemari bangsa kita dari pada Mahabarata yang penuh dengan perang saudara. Sumber:Prosa Dan Puisi Indonesia (Lama dan Baru) 1962 


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sastra Hikayat yang Berasal Dari Hindu

Posting Komentar