Sejarah Pendakian Gunung Tangkuban Perahu

Dijual Buku Antik dan Langka


 
LIBURAN DI GUNUNG TANGKUBAN PARAHU
FOTO DIBUAT TAHUN 1950'AN



Abraham van Riebeek adalah cucu seorang pendiri Cafe Koloni di Afrika Selatan. Dialah orang Belanda yang membawa bibit kopi ke Pulau Jawa setelah Johan van Hoorn dan Henrix Zwaardecroon (1700'an). Yang kelak usaha penanaman kopi yang dilakukan oleh kolonial Belanda akan mendatangkan kesengsaraan(tanam paksa) bagi rakyat Priangan.

Abraham van Riebeek datang ke Tatar Sunda sekitar tahun 1712 melalui Wijnkoopsbai (Pelabuhan Ratu).
Selain kopi, van Riebeek juga mempunyai usaha lain, yaitu membuat bubuk mesiu untuk campuran pembuatan peluru meriam dan bedil.

Pada tahun 1713 Abraham van Riebeek untuk pertama kalinya mendaki Gunung Papandayan dan Gunung Tangkubanparahu, Ia tercatat sebagai orang Eropa pertama yang mendaki Gunung Tangkuban Parahu. 

Ia meninggal pada tanggal 13 November 1713, sewaktu dalam perjalanan pulang dari puncak Gunung TangkubanParahu, akibat kelelahan, sehabis mencari belerang untuk pembuatan bubuk mesiu. Sumber Wajah Bandoeng Tempo Doeloe oleh Haryoto Kunto.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Pendakian Gunung Tangkuban Perahu

Posting Komentar