Peninggalan Benda Bersejarah di Banten

Dijual Buku Antik dan Langka

banten lama
Komplek Keraton Sarosowan Banten Lama - foto udara Ridwan Zainudin 



Pipa Saluran Air Dari Tanah Liat Bakar
Ada dua pelapor Belanda yang memberikan keterangan berbeda mengenai bangunan penyaring air (pengindelan) di Banten Lama.

Menurut Cornelis de Bruins yang berada disana pada bulan Juli 1701 bangunan yang dibuat oleh Luas Cardeel tahun 1701 itu, pipa-pipanya dibuat dari timah hitam dan letaknya sekitar dua atau tiga kaki kira (kl. 60-90 cm) di atas permukaan tanah.

W.van Gelder mempunyai kesaksian lain lagi. Dalam artikelnya tahun 1900 ia menyebutkan, pipa- pipa saluran dibuat dari tanah liat bakar dan terletak di bawah permukaan tanah. Kenyataan   dilapangan sekarang sesuai dengan kesaksiannya itu.

Tetapi kalau mau dikaji,de Bruins datang lima tahun setelah pengindelan dari pipa-pipa saluran air Tasik Ardi dibangun. Boleh jadi pada saat itu bangunan penyaring air masih berfungsi dengan baik. Lalu bagaimana sistem kerjanya?

Prahmatika membandingkannya dengan sebuah bak peersegi yang memiliki lubang pada dua sisi yang berseberangan terdapat di dalam kompleks keraton sorosowan.

Kedua lubang itu terletak di atas lantai bak. Mungkin bak itu berfungsi sebagai bak endapan,dengan proses mulanya air masuk ke dalam bak lalu akan mengalir ke luaar jika permukaannya telah mencapai saluran keluar. Tidak mustahil bangunan pengidelan ini cara kerjanya demikian pula yang berarti di dalamnya tidak terdapat pipa-pipa saluran.

Pipa saluran yang ada sekarang dibuat setelah bangunan pengindelan tidak berfungsi lagi sebagai penyaring air. Air yang disalurkan lewat pipa-pipa itu tentunya akan disaring pula di dalam bangunan penyaring lain. Nah bukti ini yang harus dicari di luar bangunan pengindelan, sekitar Tasik Ardi dan Keraton Sorosowan. Sumber Intisari no. 337 Agustus 1991
Sumber:Intisari Juli 1991.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Peninggalan Benda Bersejarah di Banten

Posting Komentar