Sejarah Ditemukannya Pulau Papua

Dijual Buku Antik dan Langka





Penemuan Pulau Papua
Pulau Irian (kini-Papua) pertama kali ditemukan oleh pelaut-pelaut Portugis pada tahun 1511. Tetapi pelaut-pelaut itu hanya lewat saja tanpa ada niat menguasai pulau itu untuk kerjaannya.
Pada tahun 1554 penyelidik dan petualang Ynigo Ortis de Retes melayari laut sepanjang pantai utara, kemudian tinggal agak lama disana dengan maksud untuk mengklaim pulau itu, menjadi wilayah kerajaan Spanyol.

Karens de Retes berpikir, bahwa penduduk aslinya mirip dengan pribumi yang mendiami Guinea dipantai barat Afrika, maka ia memberi nama pulau itu Nova Guinea. Sampai akhirnya Belanda memonopoli daerah Irian Jaya, maka banyaklah para penyelidik, kaum cendikia atau petualang yang sengaja datang untuk menyelidiki atau bahkan untuk memperoleh kemungkinan adanya kekayaan yang dikandung oleh bumi cendrawasih itu.

Nama Irian sendiri berasal dari sebuah Koreri atau hikayat tua dari Biak yang berarti panas, diumumkan oleh Franz Kaisepo pada konfrensi Malino pada hari Rabu tanggal 18 Juli 1946. Berbaga suku yang tinggal disana memiliki kebudayaan yang unik sekali.
Suku Asmat dan Dani terkenal di dunia akan keunikannya.

Sumber:"Masren Koreri" Mengenal Beberapa Suku dan Cerita Rakyat Irian Jaya.1980






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Ditemukannya Pulau Papua

Posting Komentar