Sejarah Indonesia Pada Perang Dunia II

Dijual Buku Antik dan Langka



perang dunia 2
Jenderal G.J. Berenschot 



Dalam politik pertahanan di Hindia pemerintah kolonial Belanda telah mengalami kegagalan yang membawa perobahan radikal terhadap masa depan Hindia Belanda. Kegagalan Belanda itu dapat kita bagi dalam dua faktor penting. Faltor utama ialah kekurangan alat-alat perang dan tenaga manusia yang terlatih dan berpendidikan untuk menghadapi perang modern. Faktor kedua ialah luasnya daerah kekuasaan yang harus dipertahankannya.

Diawal 1941. Hindia Belanda mempunyai tidak lebih dari 80.000 orang tentara termasuk pasukan-pasukan cadangan. Alat perlengkapan perang yang dipakai sudah tidak memenuhi kemauan zaman alias sudah tua. Angkatan udaranya mempunyai 85 pesawat pembom Glenn Martin dan hanya 58 buah dapat dipakai untuk beroperasi. Dari 100 pesawat pemburu hanya 60 buah yang modern. Selain itu terdapat beberapa pesawat transport dan pesawat-pesawat latihan.

Panglima Tentara Hindia Belanda (KNIL) diwaktu itu ialah Jenderal G.J. Berenschot,yang dianggap oleh Belanda sebagai pemimpin militer yang cakap dan aktif. Tapi justru disaat yang genting sekali. Berenschot ditimpa kecelakaan pesawat terbang di Kemayoran, Jakarta. Tewasnya jenderal itu merupakan satu pukulan hebat bagi pemerintah Belanda.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Indonesia Pada Perang Dunia II

Posting Komentar