Asal Usul Delman di Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka



delman
DELMAN DI BOGOR TEMPO DULU



Naik Delman Jaman Dulu 
Kota-kota kecil di Priangan yang masih banyak memeliki Delman, Dokar atau keretek adalah Banjaran, Ciparay, Majalaya dan Singaparna.

Dalam perjalanan sejarahnya yang lebih dari satu setengah abad, kereta kuda beroda dua masih tetap bertahan dibeberapa kota di Pulau jawa dan sumatra. Meskipun kendaraan bermotor yang lebih modern telah datang mendesaknya. Hanya kota-kota besar, kereta kuda semacam itu sudah mulai jarang terlihat.

Menjalani debutnya selama lebih dari satu setengah abad. Kereta berkuda tidak hanya beroperasi di dalam kota. Tapi sanggup jadi alat trasportasi antar kota dan daerah. Setelah diceritakan oleh Tuan Forbes, pada tahun 1885 ia mengadakan perjalanan dari Bogor ke Bandung. Jarak 80 Mil ditempuh dalam 13 jam.

Dengan ongkos yang cukup mahal .. buat ukuran jaman baheula. Yaitu 20 sen tiap Mil. Jadi ongkos Bogor - Bandung, dibayar oleh seorang penumpang sebanyak 18 gulden. Wah mahal sekali, tapi gak apa-apa kok, kata Tuan Forbes, karena pemandangan Priangan nan indah jelita, sepanjang perjalanan, cukuplah memadai dengan ongkos yang dikeluarkan.


Sejarah Delman di Indonesia
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.

Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi Sado.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Asal Usul Delman di Bandung

Posting Komentar