Foto-Foto Cimahi Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka





Sejarah Singkat.
Dalam bahasa Sunda, nama Cimahi berarti "air yang cukup". Cimahi mulai dikenal ketika pada tahun 1811, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels membuat jalan Anyer-Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan di alun-alun Cimahi sekarang. Tahun 1874–1893, dilaksanakan pembuatan jalan kereta api Bandung-Cianjur sekaligus pembuatan Stasiun Cimahi. Tahun 1886 dibangun pusat pendidikan militer beserta fasilitas lainnya seperti Rumah Sakit Dustira dan rumah tahanan militer. Pada tahun 1935, Cimahi ditetapkan sebagai kecamatan.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Cimahi menjadi bagian dari Kabupaten Bandung Utara. Pada tahun 1962, dibentuk Kawedanaan Cimahi yang meliputi Kecamatan Cimahi, Padalarang, Batujajar, dan Cipatat.

Berdasarkan PP Nomor 29 Tahun 1975, Cimahi ditingkatkan statusnya menjadi kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976, dan menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat. Mulai 21 Juni 2001 status Cimahi menjadi kota. (Wikipedia)





cimahi tempo dulu 1
SEPASANG SUAMI ISTRI EROPA BERPOSE 
DI ATAS SEBUAH MOBIL DITEMANI ORANG 
PRIBUMI YANG DUDUK DIBELAKANGNYA
FOTO DIBUAT TAHUN  1917


Kota Cimahi diresmikan sebagai Garnisun Militer pada bulan September 1896 dengan komandan pertamanya; Majoor Infantri C.A.van Loenen dengan ajudannya Ie Luitenant J.A Kohler.




cimahi tempo dulu 2
SEORANG PEREMPUAN EROPA SEDANG MEMERAH SUSU
DITEMANI SEORANG ANAK 
FOTO INI DIBUAT TAHUN 1902

Dari sejarah persusuan di Indonesia, di wilayah Bandung ada 3 perusahaan pemerahan susu (Boerderij) yang terkemuka. Mereka inilah yang merupakan cikal bakal usaha peternakan sapi perah dari jenis unggul yang didatangkan dari Friesland, salah satu propinsi di Belanda.

Model peternakan sapi perah yang terkenal adalah perusahaan "Generaal de Wet Hoeve" milik Tuan Hirschland dan Van Zijll di Cisarua, kabupaten Bandung. Mereka inilah yang pertama kali mendatangkan sapi perah Friesland ke Nusantara pada awal abad ke-20.




Cimahi Tempo Dulu
SEBUAH KELUARGA BERFOTO BERSAMA 
DISEBUAH JALAN RAYA DI CIMAHI
TAHUN PEMBUATAN FOTO INI TIDAK DIKETAHUI 


Bangunan pertama yang didirikan di Kota Militer Cimahi adalah kompleks perumahan perwira,terdiri dari 8 bangunan yang sering disebut oleh penduduk pribumi sebagai Gedong Dalapan (namanya sama dengan Gedong 8 di Bandung).

Kemudian menyusul bangunan Markas Militer,Rumah sakit, Barak/ Tangsi,sositet Perwira dan bangunan-bangunan lainnya.




cimahi tempo dulu 4
ORANG EROPA BERDIRI DI PINTU GERBANG
PEMAKAMAN BELANDA (KERKHOF) 
PEMAKAMAN INI TERLETAK DI DAERAH LEUWIGAJAH 
FOTO DIBUAT 1900-1940


Perlengkapan sebuah kota yang penting adalah ...kuburan atau kerkhof.
Kerkhof atau Kuburan Belanda yang tertua di Kota Bandung letaknya di Pasar Besi " Sentiong " di Jalan Banceuy sekarang. Karena batas Kota Bandung tempo doeloe di pertengahan abad 19 memang baru sampai di jalan Suniaraja sekarang ini.
Di Kerkhof "Sentiong", selain orang Belanda,dikubur pula orang Cina. Itulah sebabnya kuburan ini di sebut Sentiong.

Dalam tahap ke-2 perkembangan Kota Bandung,batas utara kota baru sampai ke Jalan Pajajaran. Maka kuburan Cina dipindah ke Babakan Ciamis, sedang kuburan Belanda dipidahkan ke Kebon Jahe (Jalan Pajajaran sekarang), tempat sebuah Sport-Hall sekarang berada.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto-Foto Cimahi Tempo Dulu

Posting Komentar