Jalan Raya Pos Anyer Panarukan 1809

Dijual Buku Antik dan Langka



jalan raya pos anyer panarukan
Sebuah Hotel di Anyer Banten 1883


Napak Tilas Jalan Raya Pos Anyer Panarukan 1809.

Jalan Raya Pos dimulai dari Anyer melalui serang dan Tanggerang menuju Batavia. Pada jalur ini terdapat 14 stasion pos di mana kuda pos diganti. Dari 14 stasion pos ini yang 8 berada di Keresidenan Banten. 

Di Serang dan Tanggerang didirikan penginapan-penginapan dimana orang dapat makan dan bermalam. Penumpang-penumpang kapal dari Eropa dapat menyewa kuda pos dan kendaraan dan kendaraan lain untuk melanjutkan perjalanan melalui darat ke Batavia yang dapat dicapainya dalam waktu satu hari, dibandingkan dengan melalui perjalanan laut yang memerlukan waktu selama 8 hari.

Demikian pula surat-surat dari Eropa harus diserahkan di Anyer dan selanjutnya oleh asisten Residen dikirimkan ke Batavia. Kira-kira 12 pal dari Serang berada stasion pos "Onderandir" (kini desa Kopo) ditepi Sungai Ciujung yang lebar, yang karena arusnya yang deras harus diseberangi dengan perahu tambangan yang sederhana yang berupa rakit-rakit biasa.

Delapan pal setelah Onderandir kita sampai ke Cikandi, stasion pos terakhir di daerah Banten dimana Sungai Ciujung harus disebrangi lagi dengan perahu tambangan supaya dapat memasuki Karesidenan Batavia. 

Di Keresidenan ini jalan-raya dari Cikandi berkelok-kelok ke Tanggerang dan melurus menyusuri Mookervaart menuju Batavia. Selanjutnya Jalan Raya Pos melaui Gambir, Jatinegara dan tanah-tanah di Tanjung-Timur, Cimanggis Cibinong menuju Bogor. Pada jalur ini terdapat 5 rumah pos di mana kuda-kuda dapat diganti.

Dari Bogor Jalan Raya Pos menanjak ketenggara menuju puncak gunung Megamendung melalui Puncak menjurus ke Cianjur, menuru ke lereng Gunung Gede disebelah timur. 

Dibeberapa tempat jalan itu, begitu terjal sehingga kendaraan yang ditarik oleh empat ekor kuda pun masih harus dibantu dengan empat sampai delapan ekor sapi  supaya dapat mencapai puncak gunung dalam waktu 4 jam. 

Dengan kemauan dan ketahananya yang kuat Daendels membuat jalan ini melampaui celah gunung yang tingginya kurang lebih 1.500 meter. Sumber : Sejarah Pos dan Telekominikasi Indonesia 1980




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Jalan Raya Pos Anyer Panarukan 1809

Posting Komentar