Tempat Wisata di Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

Suasana Curug Dago Januari tahun 1957


Di sekeliling Bandung tempo doeloe ada belasan air terjun  yang pasti bisa memukau para turis tempo doeloe, antara lain : Curug Dago, Curug Jompong (7 km sebelah selatan Cimahi), Air terjun Cisarua (Jambu Dipa) letaknya 11 Km dari  Cimahi, tinggi air 70 mtr, Sanghiang Tikoro di Perkebunan Rajamandala, Curug Halimun merupakan salah satu jeram Citarum, meski tidak terletak tinggi namun air terjun ini terbesar di Pulau Jawa, Curug Rahong merupakan air sungai gunung yang deras, melalui celah sempit selebar 8-10 meter, konon pada tempat ini terdapat pintu air dari Bendungan Telaga Bandung pada jaman purba. Sebuah titian bambu sepanjang 11 meter, terletak 15 meter dari permukaan air.

Daerah Curug Jompong dan muara aliran sungai Cikuya begitu indah menarik hati, sehingga pecinta alam seperti Franz Junghuhn (1854) sempat terpukau dan melakukan penyelidikan ilmiah di tempat itu.



Hutan disekitar curug Dago foto 1957


Penyelidikan Geologi yang Serupa, pada aliran Sungai Citarum-Cikuya dan Curug Jompong, telah dilakukan oleh Dr.Ch.E. Stehn dan Dr. J.H.F. Umbrove, dan mereka laporkan secara lengkap dalam tulisannya Bidrage Tot De Geologie Der Vlakte van Bandoeng, tahun 1929.

Sayang, potensi alami yang sempat membuat tercengang sarjana petualang tempo doeloe seperti Reinwardt dan Junghuhn itu, sekarang kurang di eksploitasi dan dipromosikan sebagai obyek wisata alami menarik. Padahal, organisasi Bandung Vooruit (organisai parawisata pada masa kolonial Belanda) yang berkecimpung dalam dunia turisme di wilayah Bandung tempo doeloe dan sekitarnya, pada masa lalu sanggup membawa wisatawan ketempat-tempat itu. Bahkan menyediakan transportasi kuda untuk menempuh perjalanan yang sulit. Sumber : Wajah Bandung Tempo Dulu.1984.Haryoto Kunto



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Tempat Wisata di Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar