Biografi Singkat Presiden Amerika Abraham Lincoln

Dijual Buku Antik dan Langka



Biografi Presiden Amerika Abraham Lincoln
Abraham Lincoln - The Honest Abe 

Mungkin tidak terlalu dibesar-besarkan,jika dikatakan bahwa di antara semua Presiden Amerika, Abraham Lincoln itu termasuk yang paling terkenal dan paling disayang oleh rakyat jelata, karena dianggap orang yang berasal dari kalangan mereka sendiri. Ia dilahirkan sebagai anak keluarga petani kecil yang sangat miskin. Abraham Lincoln waktu muda tidak sempat bersekolah.

Dalam perjuangan hidupnya dia terpaksa harus beberapa kali pindah tempat tinggal dan tempat bekerja, sambil terus-menerus mempergunakan waktu senggangnya untuk belajar sendiri.

Pada masa sudah dewasa di antaranya ia belajar dalam bidang hukum, sehingga bisa menjadi pengacara yang disegani. Abraham Lincoln terkenal suka bekerja keras, tekun dan tidak pernah berputus asa. Dia termashur karena kejujurannya, sehingga mendapat julukan The Honest Abe atau Si Abe yang jujur. Sangat disukai karena sikapnya yang rendah hati dan selalu slap untuk menolong orang. Dalam pergaulan sehari-hari ia sangat populer, karena kelucuan ceritera jenakanya yang tampaknya tiada habis-habisnya. Dalam kedudukannya sesudah menjadi Presiden, sebagai orang yang mempunyai posisi yang tertinggi di negaranya, dia tetap sederhana dan rendah hati, tetap suka bergaul dengan rakyat jelata tanpa ragu-ragu dan tanpa kecanggungan.


Biografi Singkat Presiden Amerika Abraham Lincoln


Dalam perjuangan politiknya Abraham Lincoln sangat terkenal, karena cita-citanya serta tindakannya yang konsekwen untuk meng-hapuskan perbudakan, di samping itu kebijaksanaannya yang meyakinkan untuk menjaga serta memelihara kesatuan serta persatuan bangsa dan Negara Amerika Serikat. Ketika beberapa negara bagian di daerah Selatan menyatakan melepaskan diri untuk kemudian bergabung dalam Konfederasi yang terpisah, ia segera mempersiapkan angkatan perangnya untuk menaklukkan Tentara Amerika bagian Selatan dalam satu ''perang saudara" yang 4 tahun lamanya.

Tentara America bagian Utara di bawah pimpinan Jendral Grant dan Jendral Sherman akhirnya berhasil memaksa Tentara bagian Selatan di bawah komando Jendral Lee untuk menyerah pada tanggal 9 April 1865. Dengan tercapainya kemenangan itu, terhindarlah kesatuan Negara dan Bangsa Amerika dari bahaya perpecahan.

Biografi Singkat Presiden Amerika Abraham Lincoln


Perang saudara itu membuat Presiden Abraham Lincoln bertambah harum namanya, karena keberanian serta kegiatannya untuk mengunjungi pasukan-pasukan sampai ke medan pertempuran yang terdepan. Di samping itu perhatian serta kerajinannya untuk menemui tentara yang luka yang dirawat di rumah sakit dengan penuh kasih sayang disertai kata-kata yang membesarkan hati. Sikapnya terhadap lawan yang tertawan, yang selalu ramah disertai penuh pengertian, membangkitkan rasa ketenteraman dan persatuan yang meyakinkan.

Memang Abraham Lincoln mempunyai kepribadian yang luar biasa, patut dipakai teladan oleh seluruh umat manusia lah sebabnya riwayatnya sengaja kami pilih untuk disajikan dalam salah satu buku dati seri Tokoh Sejarah Dunia dengan pengharapan supaya dikenal oleh anakdidik kita. Mudah-mudahan perjuangannya yang bersendi peri kemanusiaan untuk menghapuskan perbudakan serta usahanya yang konsekwen untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta Negara Amerika Serikat, dapat membangkitkan inspirasi pada para remaja angkatan muda generasi penerus kita.*** Sumber: Seri Tokoh Sejarah Dunia - NV Masa Baru 1976



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Biografi Singkat Presiden Amerika Abraham Lincoln

Posting Komentar