Busana Daerah Negeri Belanda

Dijual Buku Antik dan Langka



Busana daerah Marken dipengaruhi
gaya busana Skandinavia



Busana Daerah Negeri Belanda
Betapa pun agak aneh kedengarannya, namun memang adalah suatu kenyataan bahwa di negeri Belanda orang tidak mengenal suatu busana nasional dalam arti kata yang sebenarnya ! Yang hanya ada dijumpai itu adalah busana-busana daerah yang aneka ragam serta menarik, yang secara regional memang ada sangkut pautnya satu sama lainnya.

Di negeri Belanda dapat dibedakan dua kelompok busana tradisional. Pertama-tama adalah kelompok corak busana tradisional sekitar daerah-daerah bekas lautan yang telah dipolder yang dahulu dikenal dengan Zuiderzee. Yang lainnya adalah kelompok busana-busana di daerah propinsi barat daya, Selandia.

Yang tersebut pertama dapat lagi dibagi dalam dua bagian, yakni bagian Barat dan bagian Timur.
Bahagian Barat itu mencakup busana-busana yang antara lain sudah terkenal secara internasional, yakni busana Volendam dan Marken. Terutama busana-busana wanitanya yang sangat kaya warna-warninya. Para pelaut dari daerah-daerah tersebut biasanya mengadakan pelayaran ke negara-negara Skandinavia. Pulang mereka membawa oleh-oleh bagi kaum wanitanya hasil jahit-jahitan. Para wanitanya itu kemudian meniru hasil jahitan dari Skandinavia itu dan menyesuaikannya dengan selera Belandanya.

Mereka terutama memanfaatkan motif-motif Skandinavia itu untuk menghias busana-busana daerah sendiri, terutama tampak jelas dalam hal ini pada busana daerah Marken. Busana dari daerah Volendam bentuk coraknya lebih luwes dan tak begitu ketat. Pada hari-hari Minggu wanita-wanitanya menggunakan busana-nya yang bergaya dengan tutup kepala yang berenda putih.

Pada kaum prianya yang paling menonjol adalah celana lebarnya yang mengembang dan ke-mejanya bergaris-garis biru dan putih yang ditutupi oleh jas sempit dengan kancing-kancing perak. Marken belum lama berselang masih merupakan sebuah pulau sebelum Zuiderzee dipolder, hingga daerah itu terpencil. Juga Volendam letaknya dahulu agak terpencil, karena tak begitu mudah ditempuh dari jalan darat. Karena keterpencilan kedua daerah itulah busana khasnya tercipta.

Keterpencilan ini bahkan lebih berlaku lagi bagi daerah-daerah kelompok Timur. Antara lain terdapat busana terindah di yang paling me-nonjol adalah dari daerah Staphorst. Adat ke-biasaan tradisional di daerah ini masih tetap menentukan irama kehidupan di sini.

Busananya sendiri bentuknya ruwet tapi penuh kesolehan dan kendati banyaknya hiasan mulai dari perak mulai kepala hingga sampai ke sepatu,namun perimbangan warnanya adalah serasi sekali dan menandakan adanya suatu bakat seni yang mendalam. Wanita dari daerah bekas pulau Urk mengenakan busana, yang unsur-unsurnya mencakup baik dari gaya barat maupun gaya timur daerah bekas Zuiderzee itu. Sumber:Serba-Serbi Belanda No.41.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Busana Daerah Negeri Belanda

Posting Komentar