Dokumentasi Musik Belanda Bagian 1

Dijual Buku Antik dan Langka
DUO BELANDA  KELAHIRAN JAKARTA.
 THE BLUE DIAMONDS  
"RUUD DE WOLFF" DAN "RIEM DE WOLFF"


Yayasan DONEMUS (Dokumentasi di Nagara Belanda untuk Musik), yang didirikan tahun 1947, bertujuan untuk memajukan kehidupan musik negeri Belanda, terutama den gan memberikan ban tuan kepada seni musik kreatif. DONEMUS adalah suatu penerbitan musik yang dasarnya tidak komersil.

Sebagian besar karya-karya komponis Belanda diterbitkan oleh penerbit ink Komposisi-komposisi itu hampir semuanya direkam pada pita suara yang dapat didengarkan dalam diskotik DONEMUS. Yayasan itu juga men geluarkan pelat-pelat gramofon dari karya komponis-komponis Belanda, di mana si pembeli sekaligus menerima partitur dari karya-karya yang dimainkan.

DONEMUS juga mempunyai suatu perpustakaan,suatu pusat dokumentasi dan sebuah penerbitan mengenai musik Belanda. la mengeluarkan majalah KEY NOTES. Ia memperkenalkan karya-karya komponis Belanda di dalam dan di luar negeri, membuat bahan yang diperlukan untuk dimainkan atau untuk dipelajari dari karya-karya komponis yang menjadi anggota dan menyediakan bahan itu untuk disewa atau dibeli. Sebagian dari hasilnya diberikan kepada para komponis. Dewan Pengurus DONEMUS bekerja sebagai petugas Kementerian Kebudayaan, Rekreasi dan Pekerjaan Sosial sebagai seksi Belanda dari International Music Council UNESCO di Paris.   

Riwayat berdirinya DONEMUS
Salah satu masalah yang dari mesa ke masa dihadapi oleh komponis ialah bagaimana memberitahu kepada dunia penggemar musik bahwa ia telah siap dengan suatu karya baru untuk dimainkan. Yang diperlukan ialah suatu saluran komunikasi untuk memungkinkannya mentransformasi lembaran musiknya menjadi permainan musik. Di negeri Belanda komponis dan dunia publik dihubungkan oleh Yayasan DONEMUS. Tapi DONEMUS adalah suatu bagian dari kisah yang panjang yang dapat dikatakan dimulai 90 tahun yang lalu.

Belanda tidak tercantum sebagai penandatanganan yang pertama dari Konvensi Hak-cipta Bern tahun 1886 dengan akibat bahwa selama 25 tahun sesudah itu komposisi musik Belanda menjadi mangsa yang enak bagi dunia luar. Untuk mengakhiri eksploatasi tanpa bayaran dari karya-karya mereka ini,delapan orang komponis Belanda mengadakan pertemuan dalam tahun 1911 dan mendirikan Perkumpulan Komponis Belanda, yang tujuannya ialah untuk 'memperjuangkan kepentingan materiil dan intelektuil para anggotanya, di dalam den di luar negeri'.

Kepentingan perkumpulan itu yang utama di lapangan kepentingan materiil tentu saja ialah hakcipta musik. Maka ketika Belanda akhirnya menandatangani Konvensi Bern tahun berikutnya, langkah selanjutnya ialah pembentukan suatu perwakilan hakcipta Belanda. Tahun 1913 terbentuklah perwakilan itu dengan nama BUMA dan mendapat kuasa untuk menerima semua penghasilan dari pemilik hak cipta Belanda. Tahun 1936 Perkumpulan Komponis Belanda bersama-sama dengan BUMA berusaha mendirikan sebuah badan lagi, yakni Lembaga untuk Kepentingan Musik Belanda. Sebagian dari penghasilan BUMA disisihkan untuk badan baru itu, untuk memungkinkan mensponsori kegiatan-kegiatan kebudayaan dan meneruskan cita-cita untuk menggiatkan pertunjukan musik Belanda. Bersambung  klik disini
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dokumentasi Musik Belanda Bagian 1

Posting Komentar