Sejarah Tatar Sunda | Budaya Masyarakat Prasejarah

Dijual Buku Antik dan Langka


Arsitektur rumah Ciamis jaman dulu 


Budaya Prasejarah Berdasarkan pengamatan terhadap produk budaya manusia masa lalu dengan menggunakan metode pendekatan sosial-ekonomis, tampak bahwa perkembangan budaya yang menyertai perkembangan fisik manusia, telah melalui beberapa tahap.

Budaya masyarakat prasejarah Indonesia dibagi menjadi tiga tingkatan penghidupan yaitu: masa berburu dan mengumpulkan makanan, masa bercocok tanam, dan masa kemahiran teknik (perundagian) yang dicirikan oleh berbagai produk budaya yang mewakili masanya. 

Dengan pendekatan itu dapat dilihat bahwa pada awalnya manusia hanya mengambil apa yang ada di alam untuk mencukupi kebutuhan hidupnya atau yang dikenal dengan masa berburu dan mengumpulkan makanan,seiring dengan makin berkembangnya tingkat pengetahuan manusia yang mulai mengenal budaya bercocok tanam. 

Puncak penghidupan masa prasejarah ditandai dengan berkembangnya kemahiran teknik atau yang dikenal dengan masa perundagian. Di wilayah Indonesia, tapak-tapak kehidupan pra-sejarah yang disertai dengan bukti-bukti artefaktual yang menunjukkan masanya yang demikian tidak selalu ditemukan. 

Beberapa wilayah di antaranya tidak memiliki temuan dari periode yang paling tua, tetapi dari temuan yang ada wilayah itu bisa saja baru diwakili oleh tinggalan budaya yang lebih muda. 

Sebagai bagian kawasan yang turut memiliki peran penting dari mata rantai perkembangan budaya dan manusia di wilayah Nusantara pada masa lalu, berdasarkan hasil penelitian arkeologis selama ini,dapat disimpulkan bahwa secara kronologis wilayah Jawa Barat telah mengalami semua tahapan atau tingkatan budaya pra-sejarah tersebut. 
Sumber: Sejarah Tatar Sunda 2003 Oleh: Nina H. Lubis,dkk.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Tatar Sunda | Budaya Masyarakat Prasejarah

Posting Komentar