Biografi Franz Wilhelm Junghuhn dan Sejarah Perkebunan Kina di Pulau Jawa

Dijual Buku Antik dan Langka


 Perkebunan Kina di Pulau Jawa
Istri Junghuhn (Johann Louisa Frederica Koch) bersama kerabat dan beberapa pembantunya ditempat tinggalnya di Lembang Bandung foto dibuat tahun 1885

Franz Wilhelm Junghuhn Sang Humboldt Dari Jawa Sebutan sebagai Humboldt dari Jawa itu pun sekarang, kalau dilihat ke belakang, masih cocok.Bahkan dalam arti ganda. Tidak hanya karena Alexander von Humboldt dalam bukunya,terdiri dari 5 jilid, yang berjudul Cosmos, pada bagian-bagian tentang pulau-pulau di Asia Tenggara,yang topografinya dan gunung-gunung berapinya selalu merujuk pada keterangan Junghuhn.

Akan tetapi juga laporan-laporan besar tentang ilmu pengetahuan alam yang dibuat oleh Junghuhn tentang Sumatra dan Jawa sampai sekarang masih dianggap sebagai mendasar dan juga masih enak dibaca. 

Gambar-gambar cat air yang ada pada buku tersebut membuat buku- buku ini menjadi sesuatu yang dicari di toko-toko buku bekas. Tetapi bukan penelitian-penelitian dan penerbitan-penerbitan itu saja yang menyebabkan nama Junghuhn tidak dapat dilupakan. Dialah juga yang bersama-sama dengan dengan H.J. Haekal, yang membawa pohon kina ke Jawa dan berkat itu, maka Hindia-Belanda (Indonesia) menjadi salah satu eksportir kina terbesar didunia pada abad ke-19.

Pada awalnya tidak ada pertanda dalam diri Junghuhn,yang menunjukan bahwa dia akan berkarir di alam ilmu pengetahuan Tapi setelah jalan yang berliku-liku, hingga akhirnya menemukan pulau- pulau di Hindia -Timur sebagai temannya, adalah justru darah petualangan,yang mendorong dirinya dan penelitiannya ke daerah-daerah yang masih belum dikenal. Dia bukan tipe petualang cendikiawan dibelakang meja.

Jalan-jalan mana saja yang dilaluinya? Lahir tahun 1809 di Manfeld di daerah Sachsen-Anhalt, ayahnya menginginkan, agar Junghuhn menjadi seorang pemangkas rambut.Tetapi ia menentang ayahnya dan masuk ke Universitas Halle, disana tidak berhasil selesai,lalu mencoba nasibnya sebagai pemain sandiwara,namun itupun kembali tidak berhasil dan lalu ia mencoba bunuh diri.

Setelah beberapa waktu berdiam diri dirumah,lalu dia pergi ke Berlin,disana ia menempuh ujian kedokteran, lalu kemudian menjadi Dokter tentara. Dalam suatu perkelahian,dia melukai lawannya hingga mati, sehingga dia di hukum selama 10 tahun dibenteng Ehrenbreitstein. Setelah beberapa minggu,dia berhasil melarikan diri dan berpetualang ke Paris, dimana akhirnya dia menjadi tentara bayaran ke Aljajair.

Ketika pulang pada tahun 1832,dia mandengar tentang persiapan-persiapan satu eskpedisi ilmu pengetauan dari Belanda ke Jawa, mencoba lagi ujian kedokteran, kali ini di Utretch dan kemudian pergi ke Jawa sebagai "perwira kesehatan kelas 3". Tahun 1835 dia tiba di Batavia. Baca berikutnya 






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Biografi Franz Wilhelm Junghuhn dan Sejarah Perkebunan Kina di Pulau Jawa

Posting Komentar