Foto Foto Bandung Tempo Dulu Bagian.1

Dijual Buku Antik dan Langka


Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.P.Graaf van Limburg Stirum(1916-1921), timbul gagasan untuk memindahkan Ibukota Hindia-Belanda dari Batavia ke Bandung.Gagasan pemindahan Ibukota Hindia-Belanda itu bermula dari suatu studi pendidikan tentang kesehatan kota-kota  pantai di pulau Jawa oleh tuan H.F. Tilllema,seorang Ahli Kesehatan Belanda kelahiran Groningen-Holand yang bertugas di Semarang.

Hasil studi dari H.F.Tilllema menyimpulkan :
"De havensteden van java's ongezonde kust,kieze men daarom nooit uit voor regeeringsbureaux, hooofdkantoren van handel en, indusstrieonderwijsirichtingen,enz,enz !" ( Kota-kota pelabuhan di pantai Jawa yang tak sehat,menyebabkan orang tidak pernah memilih sebagai kedudukan kantor Pemerintah,Kantor Pusat Niaga dan Industri,PusatPendidikan dan lain sebagainya. ").

Umumnya kota-kota pelabuhan udaranya panas,tidak sehat,mudah terjangkit wabah. Hawa tidak nyaman,mengakibatkan orang cepat lelah,semangat kerja menurun.

Demikianlah kondisi umum dari kota-kota pantai di Pulau Jawa,lebih dari setengah abad yang lalu. Tak terkecuali Batavia,kota pelabuhan itu kurang memenuhi persyaratan sebagai pusat pemerintahan Ibukota Hindia-Belanda,tulis meneer H.F. Tillema





Bandung Tempo Dulu
TOKO ABC TEMPO DULU 
PEMANDANGAN PEREMPATAN JLN.OTISTA,
JALAN ABC,DAN JLN.PASAR SELATAN  TAHUN 1920'An
FOTO INI BUAT OLEH N.V.BOEKHANDEL VISSER&CO.







Bandung Tempo Dulu
MURID-MURID SEKOLAH DI DAERAH PANGALENGAN (BANDUNG SELATAN)
SEDANG BERPOSE DI DEPAN MOBIL JEMPUTAN SEKOLAH MILIK PERKEBUNAN
FOTO DIBUAT SEKITAR TAHUN 1930






Bandung Tempo Dulu
LOKASI  FOTO INI SAMA DENGAN FOTO DIATAS
CUMA POSENYA SAJA YANG BERBEDA 







Bandung Tempo Dulu
SUASANA DISEKITAR GEREJA CIBUNUT  (JLN.CIBUNUT)
FOTO INI DIBUAT OLEH: GEORG FRIEDRICH JOHANNES
ANTARA TAHUN 1920-1932





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto Foto Bandung Tempo Dulu Bagian.1

Posting Komentar