Foto Foto Bandung Tempo Dulu Bagian 2

Dijual Buku Antik dan Langka

Letak Geografis Kota Bandung.
Kota Bandung secara geografis memang terlihat dikelilingi oleh pegunungan,dan ini menunjukkan bahwa pada masa lalu kota Bandung memang merupakan sebuah telaga atau danau. Legenda Sangkuriang merupakan legenda yang menceritakan bagaimana terbentuknya danau Bandung,dan bagaimana terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu,lalu bagaimana pula keringnya danau Bandung sehingga meninggalkan cekungan seperti sekarang ini. Air dari danau Bandung menurut legenda tersebut kering karena mengalir melalui sebuah gua yang bernama Sangkyang Tikoro.





GEDUNG SATE TEMPO DULU 1920'AN
Gedung Sate yang pada masa Hindia Belanda itu disebut Gouvernements Bedrijven (GB), peletakan batu pertama dilakukan oleh Johanna Catherina Coops, puteri sulung Walikota Bandung, B. Coops dan Petronella Roelofsen, mewakili Gubernur Jenderal di Batavia, J.P. Graaf van Limburg Stirum pada tanggal 27 Juli 1920, merupakan hasil perencanaan sebuah tim yang terdiri dari r.J.Gerber, arsitek muda kenamaan lulusan Fakultas Teknik Delft Nederland, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks serta pihak Gemeente van Bandoeng, diketuai Kol. Pur. VL. Slors dengan melibatkan 2000 pekerja, 150 orang diantaranya pemahat, atau ahli bongpay pengukir batu nisan dan pengukir kayu berkebangsaan Cina yang berasal dari Konghu atau Kanton, dibantu tukang batu, kuli aduk dan peladen yang berasal dari penduduk Kampung Sekeloa, Kampung Coblong Dago, Kampung Gandok dan Kampung Cibarengkok.







CURUG DAGO TEMPO DULU 1907-1908


Curug Dago (curug=air terjun) sampai sekarang masih dianggap beberapa kelompok masyarakat sebagai tempat yang bernuansa magis. Semasa Bandung purba kawasan Curug Dago merupakan tempat pemujaan manusia purba terhadap para dewa.





KUIL HIAP THIAN KIONG-KELENTENG (JLN.KELENTENG)
FOTO DIBUAT TAHUN 1924

Vihara Satya Budhi yang awalnya merupakan rumah tinggal Kapitein Cina Tan Yun Liong yang menjabat sebagai Ketua Pengurus Masyarakat cina  (Weekmeester Der Chinesen) dibangun pada tahun 1865. Tanggal 15 Juni 1885 bangunan tersebut diresmikan sebagai tempat peribadatan. Vihara dibangun atas prakarsa Kapitein Cina Tan Yun Liong






JALAN ASIA AFRIKA (JALAN RAYA DAENDELS) 7-JANUARI 1937.

Suasana perayaan hari pernikahan Ratu Juliana dengan Pangeran Benhard di Bandung. Foto ini berlokasi di pertigaan antara jalan Braga ujung sebelah timur dengan gedung Merdeka yang terletak di jalan Taya Pos (Jln Asia-Afrika sekarang). Gedung diseberang Gedung Merdeka adalah sebuah toko yang bernama Jenne & Co. yang sekarang dijadikan Bank NISP.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto Foto Bandung Tempo Dulu Bagian 2

Posting Komentar