Sejarah Lagu PKI Genjer-Genjer

Dijual Buku Antik dan Langka

Penyanyi yang paling dikenal dalam membawakan lagu Genjer-Genjer ini adalah Bing Slamet dan Lilis Suryani.

Sejarah Lagu PKI Genjer Genjer
Dalam sebuah tulisannya Hersri Setiawan, memberikan penjelasan tentang lagu Genjer-Genjer sampai menjadi terkenal.

Setelah kemerdekaan Indonesia, lagu Genjer-genjer menjadi sangat populer setelah banyak dibawakan oleh penyanyi-penyanyi dan disiarkan di radio-radio di Indonesia.

Penyanyi yang paling dikenal dalam membawakan lagu ini adalah Bing Slamet dan Lilis Suryani. Sangking terkenalnya kemudian muncul pengakuan dari Jawa Tengah, bahwa lagu Genjer-Genjer diciptakan oleh dalang terkenal kelahiran Semarang yaitu Ki Narto Sabdo.

Sebenarnya lagu genjer-genjer diciptakan oleh Muhammad Arif, seorang seniman pemukul alat musik tradisional angklung. Berdasarkan keterangan teman sejawat almarhum Muhammad Arif, lagu Genjer-Genjer itu diangkat dari lagu dolanan yang berjudul " Tong Alak Gentak". Lagu rakyat yang hidup di Banyuwangi (Jawa Timur), kemudian diberi syair baru seperti dalam lagu Genjer-Genjer. Syair lagu Genjer-Genjer dimaksudkan sebagai sindiran atas pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945).

Menurut versi TNI, para anggota Gerwani dan Pemuda Rakyat menyanyikan lagu ini ketika para jendral yang diculik diinterogasi dan disiksa. Peristiwa inilah yang digambarkan juga pada film Pengkhianatan G 30 S/PKI yang di sutradarai oleh "Arifin C. Noer." Sehingga pada masa orde baru pun ada larangan penyebarluasan lagu genjer-genjer tersebut. Sedangkan pencipta lagu Muhammad Arief, meninggal dibunuh akibat dianggap terlibat dalam organisasi massa onderbouw PKI.

Sangat disayangkan keteneran lagu ini ternodai dengan gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI). Yakni Pada masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966), Partai Komunis Indonesia (PKI) melancarkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan popularitas. Lagu yang menggambarkan penderitaan warga desa ini, menjadi salah satu lagu propaganda yang disukai dan dinyanyikan pada berbagai kesempatan. Akibatnya orang mulai mengidentikkan lagu ini sebagai national anthem nya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Lagu PKI Genjer-Genjer

Posting Komentar