Ibu Meinar Loeis Pencipta Lagu Bintang kecil

Dijual Buku Antik dan Langka

Ibu Meinar Loeis Pencipta Lagu Bintang kecil
Ibu Meinar Loeis sedang memainkan pianonya
Mendiang Meinar Loeis (85), yang pernah terkenal sebagai pianis acara-acara musik anak Ayo Menyanyi dan Lagu Pilihanku di TVRI pada 1970-an hingga 1980-an, bukanlah pencipta lagu anak "Bintang Kecil". Hal itu dinyatakan oleh Cucu Nurbayati, adik ipar Meinar, terkait adanya tulisan-tulisan di media sosial dan media massa yang menyebut bahwa sang pianis merupakan pencipta lagu tersebut.

"Enggak, bukan (pencipta lagu 'Bintang Kecil'). Ibu Meinar itu pianis," tutur Cucu kepada Kompas.com di rumah duka, Jalan Padang Nomor 20, Jakarta Selatan, Rabu (29/7/2015) pagi, sebelum jenazah Meinar dishalatkan di Mushala Al Ikhlas, dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Sahabat sekaligus rekan kerja Meinar di dunia pendidikan musik, Cheppy Soemirat, pun menyatakan hal senada. Instruktur Ensembel Musik PT Yamaha Musik Indonesia itu menyebut, Meinar tidak pernah menciptakan lagu untuk dirilis dan dikomersialkan.

"Bukan Ibu Meinar penciptanya. Beliau memainkan piano, di TVRI bersama-sama (pencipta lagu anak) AT Mahmud. Saya sering jadi juri acara musik sama beliau, (dan) melatih guru-guru. Sejak 1978, saya mulai kerja sama Ibu Meinar. Dia lebih fokus (bermain piano) ke lagu anak-anak dengan tema pendidikan," kata Cheppy, yang juga hadir di rumah duka yang merupakan kediaman Meinar semasa hidupnya itu.

Pencipta lagu "Bintang Kecil" yang sebenarnya adalah Daldjono atau Pak Dal, ayah dari mendiang pemusik A Riyanto, yang terkenal pada era 1960-an hingga 1970-an. Pemilik nama lengkap RGJ Daldjono Hadisudibyo itu lahir pada 21 Januari 1932 di Solo, Jawa Tengah. Pencipta lagu anak sebelum era AT Mahmud tersebut pernah menjadi dosen teori musik di Akademi Musik Yogyakarta.

Meinar meninggal dunia dalam usia 85 tahun pada Selasa (28/7/2015) pukul 10.50 WIB di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Meinar lahir pada 14 Mei 1930 di Sijunjung, Sumatera Barat. Ia menikah dengan Mufti Nurdin dan punya dua putra, Indra Utama dan Indra Budi. Suami dan dua anak Meinar sudah berpulang lebih dulu darinya. Meinar meninggalkan dua cucu, Ivan Syahnur dan Ihsan Saputra. Sumber: http://entertainment.kompas.com/read/2015/07/29/120954010/Kerabat.Bu.Meinar.Bukan.Pencipta.Lagu.Bintang.Kecil.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Ibu Meinar Loeis Pencipta Lagu Bintang kecil

Posting Komentar