Perayaan Hari Pernikahan Ratu Juliana di Tangerang Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka



Perayaan hari pernikahan Ratu Juliana Bandung 7 Januari 1937


Perayaan Hari Pernikahan Ratu Juliana di Tangerang
Dari Ibu Jull kita mengetahui bagaimana pesta pernikahan Juliana dan Bernhard disambut dikota kecil Tangerang . Ia sudah dari ambon kesana. Ada pertandingan olahraga antar muri-murid sekolah, ada pertunjukan kesenian rakyat,dan juga perlombaan - perlombaan untuk umum.
Putera ibu Jull, Lambert. Masih ingat bahwa ada perlombaan memanjat batang pohon pinang yang sudah dilabur dengan minyak supaya licin. diatas batang itu digantungkan macam - macam hadiah pada lingkaran bambu, boleh diambil kalau orang sanggup memanjat sampai atas. hadiah-hadiah itu antara lain : Saputangan, baju kaos, handuk dan sebagainya.

Sore hari keluarga Jull pergi ke Jakarta untuk menonton keramaian " kami tiba agak terlambat, sehingga tidak sempat menyaksikan pawai bunga ", kata lambert. Mereka hanya sempat menyaksikan pawai lentera-lentera dari kertas, perhiasan lampu dan musik ditempat-tempat umum. Lambert ingat bahwa keretaapi yang tiba dan berangkat dari stasiun tangerang dihiasi dengan bendera-bendera dan sebagainya.

Seorang warga kota jakarta yang sudah lebih dari 70 tahun umumnya, pak Hassan Koesoemajaya membuat foto gedung-gedung dan gapura-gapura yang dibangun dipelbagai bagian Kota Jakarta. Foto yang dibuat pada malam hari itu memperlihatkan bangunan-bangunan yang penuh cahaya lampu.

Pak Hassan sendri sudah tidak ingat lagi pada pesta perayaan apa foto itu dibuatnya, karena seperti sudah dikatakan antara tahun 1937-1938 ada 3 perayaan besar. 

Sdr. Tanu Trh setelah meneliti salah satu foto mendapatkan bahwa dibawah huruf -huruf Cina pada gapura di Glodok ada tulisan latin hulde aan het koninglijk paar (Selamat kepada kedua mempelai kerajaan). Jadi keramaian yang diabadikan pak Hassan itu adalah berhubungan dengan pernikahan Puteri Juliana.

Malamnya selain pawai lampion (lentera kertas), diadakan pertunjukan kembang api dimuka stasiun kereta-api Jakarta Kota. Diantaranya ada yang melukiskan Puteri Juliana dan Pangeran Bernhard. Sumber : Majalah Intisari.




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Perayaan Hari Pernikahan Ratu Juliana di Tangerang Tempo Dulu

Posting Komentar