Prabu Siliwangi Raja Pajajaran

Dijual Buku Antik dan Langka


Prabu Siliwangi
PESTA PANEN DI BOGOR JAMAN DULU



Prabu Siliwangi Raja Pajajaran 
Bila demikian halnya,tokoh Siliwangi yang manakah yang dianggap leluhur oleh para santana di Jawa Barat seperti yang terlihat dalam silsilah berbagai naskah babad? Dalam hal ini ada dua macam ukuran yang dapat kita terapkan.

Pertama,semua penulis babad sepakat bahwa Prabu Siliwangi bertahta dipakuan Pajajaran. Sebelum Sri Baduga Maharaja penguasa Jawa Barat yang bertahta di Pakuan adalah Prabu Citraganda (1303-1311) atau Sang Lumahing Tanjung dalam Carita Parahiyangan. Antara tokoh ini dengan Sri Baduga Maharaja terdapat 6 orang penguasa Jawa Barat yang semuanya berkedudukan di Kawali (artinya : Galuh).


Kedua, di Antara sekian banyak para isteri Siliwangi ada beberapa nama yang selalu tercantum dalam berbagai Carita atau Babad, diantaranya : Ambetkasih,Subanglarang, Rajamantri dan Kentring Manik Mayang Sunda. Mereka itu justru para istri Sri Baduga Maharaja Kecuali Rajamantri (dari Sumedang) yang nama aslinya Ratnasih ketiga wanita lainnya adalah cucu Wastu Kancana. 


Dari "Mayang sari" (puteri sulung Bunisora),Wastu Kancana mempunyai empat orang putera,yaitu: Ningrat Kancana alias "Dewa Niskala (ayah Sri Baduga),Ki Gedeng Surawijaya,Ki Gedeng Sindangkasih (ayah Ambetkasih) dan Ki Gedeng Tapa (ayah Subanglarang).Dari Ratna Sarkati (puteri Lampung),Wastu kancana Berputra "Susuktunggal"(ayah Kantring manik Mayang Sunda).  


Dua ukuran itulah yang dapat kita gunakan. Seandainya 'Silihwangi' dari Bujangga Manik itu bukan tokoh "Sri Baduga", dan seandainya sebutan itu berarti "pengganti Prabu Wangi", maka hanya tokoh "Wastu Kancana" yang memiliki peluang dinamai demikian karena ialah putera dan penerus kekuasaan"Prabu Siliwangi"(dalam hal ini,C.M.Pelyte pun telah menduga bahwa "Prabu Siliwangi" adalah tokoh "Maharaja" yang gugur di Bubat).
BACA BERIKUTNYA >>




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Prabu Siliwangi Raja Pajajaran

Posting Komentar