Candi Batujaya dan Cibuaya Karawang

Dijual Buku Antik dan Langka

Candi Batujaya
Candi Jiwa di Karawang


Batujaya dan Cibuaya (Karawang)
Kabupaten Karawang,memiliki komplek percandian yang dikenal dengan situs Cibuaya dan Batujaya. Daerah ini masuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, di pantai utara Jawa Barat, pada ketinggian 4 m dpi.

Sepanjang pelitian yang dilakukan sejak tahun 1975 hingga tahun 2002, diketahui bahwa di situs Cibuaya terdapat 6 bangunanan candi walaupun beberapa tempat masih menyisakan unur-unur yang besar kemungkinan berisi bangunan,dan di situs Batujaya tidak kurang dari 30 bangunan candi. suatu peninggalan budaya yang sangat penting bagi kehidupan keagamaan di Tatar Sunda.

Pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan situs yang ditemukan di wilayah Cibuaya dan Batujaya menyebar di beberapa desa sepanjang 3 km persegi bagi situs Cibuaya, dan 10 km persegi bagi situs Batujaya. Jika dilihat dari sudut pandang ekologi, situasi itu dimungkinkan karena kelangkaan air tawar.

Berkembangnya bangunan candi menyebabkan beberapa situs menempati lahan yang berair payau. Di samping itu, situs-situs itu bertempat di sebelah kanan sungai, bukan di sebelah kini sungai. Hal itu disebabkan segi geomorfologi, daerah sebelah kiri sungai rentan terhadap banjir. Kalaupun ada beberapa situs yang menempati lahan berair payau, maka tanah fondasi candi harus ditinggikan. Hasil ekskavasi menunjukkan kesesuaian di antara hal-hal tersebut.

Batujaya :
Di daerah Batujaya yang berjarak sekitar 25 meter sebelah barat Cibuaya,tepatnya di daerah Kampung Segaran Desa Segaran,dan dan kampung Talagajaya, Desa Talagajaya, Kecamatan Batujaya ditemukan sejumlah unur "busut".

Unur-unur itu adalah bekas dan sisa bangunan terbuat dari bata yang sudah runtuh dan tertimbun tanah. Besarnya lahan dan banyaknyaknya unur yang ditemukan,sangat mungkin situs Batujaya merupakan pusat upacara(ceremonial center). Diantara unur-unur itu, dua diantaranya, yaitu Candi Jiwo dan Candi Blandongan dapat direkontruksi bentuknya.

Sumber : Sejarah Tatar Sunda.Oleh:Nina H.Lubis.DKK.2003.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Candi Batujaya dan Cibuaya Karawang

Posting Komentar