Sejarah Tatar Sunda di Awal Kemerdekaan

Dijual Buku Antik dan Langka


Rumah Camat Sukapura Kolot Tasik Malaya 


Sejarah Tatar Sunda di Awal Kemerdekaan 
Setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, pemerintahan daerah seluruh Indonesia baru ditetapkan kedudukannya dalam rapat PPKI tanggal 19 Agustus 1945.Dalam rapat itu ditetapkan untuk sementara wilayah Indonesia dibagi ke dalam 8 propinsi, dibagi-bagi lagi ke dalam keresidenan-keresidenan dibantu tingkat pemerintah bawahannya untuk sementara berlaku ketentuan-ketentuan sebelumnya. Pembentukan daerah Jawa-Barat, didahului dengan pembentukan Komite Nasional Indonesia Daerah.

KDID di Jawa-Barat diawali dengan dibentuknya Keresidenan Priangan, pada tanggal 24 Agustus 1945. KNID dibentuk di bawah pimpinan R.S.Suradiraja Keresidenan Cirebon dikepalai Dr.Sudarsono. Selanjutnya didirikan pula KNID pada tingakat Kabupaten/Kotapraja, Kewedanaan dan Kecamatan di seluruh Jawa-Barat. 

Kemudian pada tanggal 9 September 1945 terbentuklah KNID Jawa-Barat yang diketahui oleh Oto Iskandardinata, dengan wakil ketua I Dr. Suratman Erwin, Wakil Ketua II Mr.Samsudin dan anggota-anggotanya/komisaris daaerah yaitu Zulkarnaen Kartalegawa (Banten), Mr.Muh.Rum (jakarta), Suradiraja(Bogor), Nawawi Arief (Cirebon), Niti Somantri (Priangan), dan Hiswara sebagai sekertaris. Selanjutnya KNID ditetapkan sebagai Badan Daerah pada tanggal 23 November 1945. BACA SELENGKAPNYA >>


 
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Tatar Sunda di Awal Kemerdekaan

Posting Komentar