Persib Bandung Jaman Penjajahan Jepang

Dijual Buku Antik dan Langka

persib bandungb




Persib Bandung Masa Penjajahan Jepang
Pada masa penjahan jepang PERSIB pun harus bubar, seperti bond-bond lain di luar kota, dan harus menjadi salah satu bagian Integaral dari Reo Tai Iku Kai, yang diketuai oleh Abdurahman dan kemudian diganti oleh Rd.Ibrahim Iskandar. Namun atas usaha Oto Iskandar dan kawan-kawan, supaya maksud dan tujuan PERSIB tetap stabil, maka nama Reyo Tai Kai diganti menjadi GELORA (Gerakan Latihan Olahraga).

Pada waktu kepengurusan Reyo Tai Kai maupun pada kepengurusan GELORA. Ketuanya dipegang oleh Sain Noedjokoesoemo, sedangkan para pengurus lainnya di antaranya adalah Rd. Junus Djajanegara, Nitisomantri, Zainul Arifin, Sukimin dan lain-lain.

PERSIB Pada Masa Revolusi
Pada masa revolusi kesetabilan PERSIB terganggu lagi. Meskipun keberadaan PERSIB terganggu saat itu seperti " cempor Saateun minyak ", tetapi masih berdiri kokoh, walaupun terpencar-pencar, ada PERSIB Tasikmalaya, PERSIB Garut, PERSIB Sumedang, bahkan ada PERSIB Yogjakarta. Hal ini sangat kita maklumi karena pada saai itu kita sedang mengungsi.

Masa Kedudukan NICA
Pada masa kedudukan NICA berdiri PORI (Persatuan Olah Raga Republik Indonesia) Bandung yang diketuai oleh Dokter Musa, serta dibantu oleh tokoh-tokoh persepakbolaan lainnya seperti : Munadi, H. Alexa, Rd. Sugeng, dan lain-lain. Pada masa pendudukan NICA ini, PERSIB merupakan salah satu bagian dari PORI Bandung.

PERSIB Pada Masa Kemerdekaan
Perhatian masyarakat terhadap PERSIB mulai besar. Dalam melaksanakan pertandingan-pertandingannya diselengarakan dilapangan UNI. SIDOLIG. Yayasan Stadion Siliwangi, dan lapangan Tegallega.  BACA BERIKUTNYA >>




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Persib Bandung Jaman Penjajahan Jepang

Posting Komentar