Situs Purbakala Ciwongwongan di Lebak Banten

Dijual Buku Antik dan Langka




Lebak Banten
Lurah di Banten foto 1915-1926


Situs Purbakala Ciwongwongan di Lebak Banten
Situs Ciwongwongan terletak di Kampung Gunung Julang, Desa Lebak Situ, Kecamatan Cipanas, berada pada ketinggian 625 m dpi.,13 m di sebelah barat aliran sungai kecil Ciwongwongan. Selain fragmen bangunan, ditemukan lingga yoni terbuat dari bongkahan batu putih, yang terkait(menyatu) sama lain. Yoni berbentuk persegi, berukuran panjang 55 cm ; lebar 53 cm ; dan tinggi 12 cm.

Bagian badan yoni berbentuk persegi dengan ukuran bagian bawah lebih sempit dari pada bagian atas, dan pada badan yoni sebelah atas itu terdapat pahatan kepala manusia di keempat sisinya. Pada bagian atas hiasan kepala terdapat tatakan lubang yang berbeda di setiap kepala, yaitu hiasan kepala sebelah utara terdapat sebuah tatakan lubang, sebelah selatan dua tatakan lubang, sebelah timur lima tatakan lubang, sedangkan sebelah barat tidak dapat diketahui karena sudah rusak atau hilang.


Lingga dibuat menyatu dengan yoni, berbentuk silinder. Bagian puncak agak meruncing seperti gada. Lingga itu berukuran tinggi 20 cm; diameter bagian bawah 14 cm,dan diameter bagian atas.16 cm. Lingga dan yoni itu,s angat mungkin terletak di atas bangunan batu tunggal tersusun dari batu kali.
Sumber : Sejarah Tatar Sunda - Nina H.Lubis DKK. 2003.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Situs Purbakala Ciwongwongan di Lebak Banten

Posting Komentar