Foto-Foto Bandung Tempo Dulu Volume 1

Dijual Buku Antik dan Langka



Foto Bandung Tempo Dulu
PARA PENGUNJUNG JAARBEURS DI BANDUNG
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1920-1926.


Jaarbeurs Bandung,mungkin tidak banyak yang mengetahui dengan nama tersebut. Atas prakarsa Walikota bandung B.Coops dan Bandoeng Vooruit,pada tahun 1920-1941, jaabeurs dibangun dan menjadi objek wisata berupa pameran dagang tahunan. Pameran yang biasa diselenggarakan sekitar bulan Juni hingga Juli ini,dikunjungi wisatawan dari Hindia Belanda dan mancanegara.

Gedung utama Jaarbeurs yang sekarang bertempat di jalan Aceh No.50 ini merupakan hasil karya arsitek bersaudara C.P Wolff Schomaker dan R.L.A Schomaker.Uniknya gedung ini terletak di tiga patung torso, yang ditempatkan pada bangunan utama jaarbeurs,yang masih bertahan hingga sekarang.Ketiga patung polos ini, dicat airbrush berwarna tembaga yang tampak hidup.





Bandung Tempo Dulu
PERTUNJUKAN PADUAN SUARA DI GEDUNG JAARBEURS
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1920-1926


Jaarberus merupakan saat yang paling dinantikan oleh masyarakat kota Bandung saat itu. Berbagai atraksi diadakan. Bahkan untuk menambah daya tarik, Jaarbeurs dimeriahkan pula dengan berbagai perlombaan. “Ada yang namanya lomba keroncong tempat Miss Anie Landouw, Miss Netty, dan Miss Ribut tampil,” kenang Dr Sudjoko yang sempat menyaksikan kemeriahannya..Menurut dia, pasar malam sebenarnya bukan budaya orang Belanda. Karena itu, ketika ia ingin menyaksikan pertunjukan wayang orang, maka ia datang pada malam hari. Sebaliknya jika ingin nonton keroncong, maka ia datang pada siang hari.



gunung tangkuban parahu
GUNUNG TANGKUBAN PARAHU JAMAN DULU
DILIHAT DARI KOLAM RENANG CIHAMPELAS


Pada tahun 1713 Abraham van Riebeek untuk pertama kalinya mendaki Gunung Papandayan dan Gunung Tangkubanparahu, Ia tercatat sebagai orang Eropa pertama yang mendaki Gunung Tangkubanparahu. Ia meninggal pada tanggal 13 November 1713, sewaktu dalam perjalanan pulang dari puncak Gunung TangkubanParahu, akibat kelelahan, setelah mencari belerang untuk pembuatan bubuk mesiu.




Bandung Tempo Dulu
SUASANA JLN.PANGERAN SUMEDANG 1920-1930
(SEKARANG JLN.OTISTA)


Pasar Baru Sekarang.
Dengan bangunan nan megah yang dilengkapi fasilitas modern, Pasarbaru Trade Center hadir untuk memanjakan anda yang ingin berwisata belanja, selain fasilitasnya, komoditi sandang yang tersaji juga sangat lengkap dan murah,mulai dari busana muslim, busana casual, busana pesta, jeans, sepatu, Tas, Tekstil, kosmetik, aksesories, batik, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Haji, seragam sekolah, sprey, bed cover dan masih banyak produk lainnya. Selain kebutuhan sandang,kami juga menyediakan oleh-oleh atau buah tangan makanan khas Jawa barat seperti dodol, wajit, ranginang, tempe garing, oncom garing, peuyeum, pisang sale dll




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto-Foto Bandung Tempo Dulu Volume 1

Posting Komentar