Sejarah Berdirinya Sekolah Kautamaan Istri Siti Jenab Cianjur

Dijual Buku Antik dan Langka



sekolalah van devender bandung
Kegiatan di Van Deventer School Bandung



Pada tahun 1906 di Cianjur dibuka Sakola Kautamaan Istri yang didirikan oleh Bupati R.Muharam Wiranatakusumah sebelum ia dipindahkan ke Bandung. Sekolah ini bertempat di Kampung Joglo,tidak jauh dari gedung kantor Kabupaten Cianjur dan dipimpin oleh Siti Jenab.

Sekolah Kautamaan istri ini merupakan perpaduan antara Sakola Istri Raden Dewi Sartika dengan Sakola kautamaan Istri Lasminingrat di Garut.Pada permulaan sekolah tersebut banyak sekali cemoohan dan ejekan, terutama dari orang-orang yang fanatik agama. Akan tetapi, Siti Jenab sebagai seorang guru dan pimpinan sekolah tersebut, tetap teguh dan berusaha terus menerobos segala rintangan.

Sakola Kautamaan Istri dengan lama pendidikan tiga tahun di Cianjur itu merupakan Meisjes Vervolg School. Oleh karena itu, murid-murid yang diterima di sekolah tersebut adalah anak-anak gadis yang telah tamat Sekolah Dasar tiga tahun. Dengan demikian murid-murid yang diterima di sekolah itu langsung masuk di kelas IV.

Pelajaran yang diberikan pada dasarnya sama dengan pelajaran di Sekolah Raden Dewi Sartika, yaitu berhitung, menulis, bahasa Sunda, bahasa Melayu, bahasa Belanda, budi pekerti, agama, dan pengetahuan/keterampilan wanita, seperti membatik, dan merenda.

Pertama kali Sakola Kautamaan Istri Cianjur pimpinan Siti Jenab memiliki murid sebanyak 27 orang, tetapi kemudian jumlah murid terus meningkat. Banyak murid lulusan sekolah itu yang meneruskan sekolahnya ke Van Deventer School di Bandung. Pada zaman Jepang nama sekolah diganti menjadi Sekolah Rakyat Gadis, setelah kemerdekaan namanya berubah menjadi Sekolah Rakyat, kemudian diganti lagi menjadi Sekolah Dasar St. Jenab. Sumber:Sejarah tatar Sunda.Oleh Nina H. Lubis.DKK.2003.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Berdirinya Sekolah Kautamaan Istri Siti Jenab Cianjur

Posting Komentar