Sejarah Sekolah Lanjutan Jaman Belanda Di Jawa Barat

Dijual Buku Antik dan Langka


BELAJAR DAN MEMBACA


Volkschool-Sejarah Sekolah Lanjutan Jaman Belanda Di Jawa Barat

Sekolah Rakyat (ada juga yang menyebutnya Sekolah Desa) ini pertama kali didirikan tahun 1907 dan disediakan untuk anak-anak rakyat biasa yang tinggal di desa-desa. Lama belajarnya tiga tahun.19 Biaya sekolah biasanya di-harapkan ditanggung oleh pemerintah setempat dengan tambahan berupa subsidi dari pemerintah pusat. Pengetahuan yang diajarkan hanyalah kepandaian membaca, menulis, dan berhitung.


Di Jawa Barat, sekolah itu antara lain terdapat di desa-desa di lingkungan Kota Bandung, Cirebon, dan Ciamis. Di Batavia, Volkschool baru berdiri tahun 1921, kemudian berkembang sehingga pada tahun 1929 mencapai jumlah empat belas sekolah. Vervolgschool Kata vervolg artinya sambungan atau lanjutan.
Sekolah itu dibuka pada tahun yang bersamaan dengan tahun pendirian HIS, yaitu pada 1914 dan merupakan sekolah lanjutan dari Sekolah Rakyat (Volkschool) . Lama belajarnya tiga tahun dan disediakan untuk murid-murid Sekolah Rakyat yang berprestasi. Sekitar tahun 1915 di Jawa Barat, Vervolgschool dan Sekolah Kelas Satu/HIS telah berdiri hampir di tiap kabupaten.

SchakelschoolKata schakel artinya mata rantai atau penghubung. Di Tatar Sunda,sekolah ini pertama kali didirikan di Bandung pada 1921 dan di Jakarta pada tahun 1924. Sekolah ini merupakan jembatan penghubung dari Sekolah Rakyat toga tahun (Volkscholl) yang berbahasa pengantar bahasa daerah ke sekolah dasar yang berbahasa pengantar bahasa Belanda dengan lama belajar lima tahun. Hal itu berarti murid-murid terpilih dari Volkscholl dapat melanjutkan ke dua tingkatan sekolah,yaitu Vervolscholl atau ke Schakescholl. Sumber:Sejarah Tatar Sunda.Oleh.Nina H.Lubis.DKK.2003.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Sekolah Lanjutan Jaman Belanda Di Jawa Barat

Posting Komentar