Situs Purbakala Sanghiyang Lingga-Majalengka

Dijual Buku Antik dan Langka

Situs Purbakala Sanghiyang Lingga
KERETA POS DI MAJALENGKA JAMAN DULU




"SEJARAH TATAR SUNDA OLEH NINA H LUBIS"

Situs Sanghiyang Lingga terletak di Desa Banjaran,Kecamatan Pwk.Banjaran,berada pada sebuah bukit 100 m di sebelah barat jalan utama menuju kta Talaga.

Peninggalan tradisi megaliktik di situs Banjaran terdiri dari sebuah menhir berbentuk phallus dalam posisi rebah,bagian ujungnya ditopang oleh dua buah batu bulat(batu pelor),dan posisinya berada di antara dua buah menhir,satu berbentuk phallus,sedangkan satunya lagi berbentuk lingga,dikelilingi oleh batuan andesit.

Temuan sejenis itu,di temukan juga di pulau Nias.
Phallus itu masih menyimpan tradisi upacara pada situs-situs dimaksud,yang sampai sekarang masih berlangsung. Berdasarkan itu diduga situs Sanghiyang Lingga merupakan situs upacara (kebudayaan),digunakan oleh sekelompok orang yang mempunyai kedudukan tinggi pada waktu itu.

Onggokan batu merupakan gambaran gunung mahameru.Phallus melambangkan kekuatan ghaib yang memancar dari seseorang yang dipuja,sementara dua buah batu pelor melambangkan jumlah kurban (binatang/manusia) yang ditanam sebagai penguat bangunan.
Sumber:Sejarah Tatar Sunda.Oleh.Nina H.Lubis.DKK.2003.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Situs Purbakala Sanghiyang Lingga-Majalengka

Posting Komentar