Situs Purbakala Gunung Tampomas Sumedang Jawa Barat

Dijual Buku Antik dan Langka



"Sandung" Bangunan Teras Berundak di Gunung Tampomas Sumedang

Situs Gunung Tampomas -Sumedang
Situs Gunung Tampomas terletak di hutan pinus, kampung Cibeureum, Desa Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, berada pada sebuah dataran di badan dan puticak Gunung Karang, salah satu gugusan Gunung Tampomas.

Situs itu terdiri dari tiga bagian, yaitu Batu Kukus dan Pabeasan di badan puncak gunung dan  teras berundak di puncak gunung. Batu kukus merupakan sisa sebuah gua (ceruk),  berukuran tinggi 1 m dan lebar 75 cm. Bagian pintu masuk  atap bagian muka gua sudah runtuh. Masyarakat setempat menyebutnya kabuyutan Batu Kukus atau pertapaan Batu Kukus. Hingga sekarang tempat ini masih digunakan oleh golongan tertentu untuk bertapa. Sementara itu, pabeasan adalah batu besar yang pada bagian kini bawahnya berlubang membentuk pabeasan (tempayan penyimpan beras).
Bangunan teras berundak terletak pada sebuah lahan di puncak gunung, terbuat dari balok batu berbentuk empat persegi panjang. Bangunan yang teramati adalah empat teras teratas, sementara tiga teras di bawahnya tertutup  belukar. Pada teras teratas terdapat lingga yang sekarang menjadi "nisan" kuburan Islam.

Selain itu, di daerah  bangunan teras berundak, pada sebuah puncak bukit ditemukan "sandung" berbentuk kubus. Bagian atapnya sudah hilang antara kaki dan tubuhnya dipisahkan oleh pelipit rata. Pada batas antara kaki dan tubuh terdapat hiasan tengkorak. Situs Gunung Tampomas merupakan sebuah karesian, dengan adanya sisa gua (pertapaan) dan bangunan teras berundak. Sumber : Sejarah Tatar Sunda 2003 Oleh. Nina H. Lubis dkk 


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Situs Purbakala Gunung Tampomas Sumedang Jawa Barat

Posting Komentar