Bentuk Bentuk Rumah Adat Sunda di Majalengka

Dijual Buku Antik dan Langka



Rumah Adat Sunda
BENTUK-BENTUK RUMAH TRADISIONAL DI TATAR SUNDA



Arsitektur Rumah Adat Sunda
Rumah adat Sunda memiliki nama yang berbeda-beda bergantung pada bentuk atap dan pintu rumahnya. Secara tradisional ada atap yang bernama Badak Heuay, suhunan Jolopong,Perahu Kemureb, Jubleg Nangkub, Tagong Anjing, Buka Pongpok danCapit Gunting. Dari bentuk kesemuanya itu, Jolopong adalah bentuk yang paling sederhana dan banyak dijumpai di daerah-daerah cagar budaya atau di desa-desa.

Jolopong memiliki dua bidang atap yang dipisahkan oleh jalur suhunan di tengah bangunan rumah. Batang suhunan sama panjangnya dan sejajar dengan kedua sisi bawah bidang atap yang sebelah menyebelah, sedangkan lainnya lebih pendek dibanding dengan suhunan dan memotong tegak lurus di kedua ujung suhunan itu. Berikut adalah bentuk-bentuk rumah kuno yang ada di kabupaen Majalengka, Jawa Barat.





Rumah adat Sunda di desa Sukahaji Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dinding terbuat dari anyaman bambu dengan posisi miring, balok atap agak melengkung ujung atap cagak gunting(ujung atap bentuk saling menyilang seperti gunting). Foto dibuat tahun 1930.





Bentuk rumah Sunda kuno di desa Selagodang, kabupaten Majalengka, Jawa Barat dengan bentuk balok atap melengkung ujung atap diberi variasi tanduk, dinding terbuat dari anyaman bambu posisi dimiringkan,atap terbuat dari alang-alang. Foto dibuat tahun 1930.





Bentuk rumah adat Sunda di desa Cisitu kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dinding miring terbuat dari anyaman bambu dengan bentuk atap cagak gunting, pelindung atap terbuat dari alang-alang. Foto dibuat tahun 1930.
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Bentuk Bentuk Rumah Adat Sunda di Majalengka

Posting Komentar