Penemuan Situs Purbakala di Bandung

Dijual Buku Antik dan Langka



Patung Ganesha yang ditemukan di Bandung
Foto dibuat antara tahun 1863-1864



Situs Purbakala di Bandung
Kebudayaan manusia purba dari tepian telaga Bandung terus berkembang, maju meniti untaian jaman. Dalam meraih kemajuan budaya, hampir tidak lepas dari pengaruh unsur-unsur luar daerah. Secara fragmentaris, pada masa sebelun perang, di wilayah kabupaten Bandung telah banyak ditemukan benda-benda bersejarah.

Salah satu situs lokasi temuan bersejarah lokasi bersejarah yang agak unik, dijumpai orang Gunung Wayang. Kecamatan pangalengan di selatan kota Bandung.
Pada lokasi itu terdapat beberapa buah arca. Melihat bentuk, bahan dan cara pembuatannya yang masih kasar, temuan itu tergolong tipe Polinesis.

Arca-arca nenek moyang dengan pola Polinesis  yang ditemukan di sekitar Bandung, menyerupai patung Primitif dari daerah kepulauan yang membentang dari Selandia Baru-Hawaii-sampai ke pulau Paskah (G.H.R. von Koenigswald. " Speurtocht in de Prehistoie",1956).

Patung dalam tipe Polinesis seperti di Gunung Wayang terdapat pula di Gunung burangrang, dan di Tambak Ruyung, Cipela, Gunung Lumbung, semuanya di Kecamatan Ciwidey : kemudian di Cikapundung (Ujungberung), dan halaman rumah Tuan Controleur Cicalengka tempo doeloe. Konon arca yang berada di rumah itu berasal dari Tenjolaya.

Berpuluh-puluh benda bersejarah lainnya ditemukan di sekitar Bandung, seperti batu lingga-yoni, batu lumpang, batu berundak, batu dengan tanda tapak kaki, guci-guci, jembangan peperunggu, lempeng emas, perhiasan emas (kalung, cincin dan gelang), lonceng atau genta kuningan, alat-alat upacara berbentuk senjata, dan berbagai macam bentuk arca.

Bentuk arca yang ditemukan meliputi patung Durga, Ciwa, Mahadewa, kala,Ganeca (kuwera) Budha (Awalokitecwara) dan patung banteng dan sapi.

Sebagian dari temuan bersejarah itu banyak yang hilang atau berada di tangan perorangan, kecuali yang sempat dikumpulkan dan diselamatkan oleh Verbeek, sekarang telah disimpan dan menjadi koleksi Museum Nasional di Jakarta.

Yang agak surprise arca-arca yang ditemukan sekitar Bandung umumnya berbentuk Patung Ganeca, Dewa Ilmuwan.
Mungkin merupakan pertanda bahwa di kelak kemudian hari Bandung bakal jadi gudang ilmuwan.

Secara terperinci, penemuan benda-benda bersejarah di wilayah sekitar Kota Bandung telah diivertarisasikan dan dicatat oleh Dr.N.J. Krom dalam bukunya "Rapporten Oudheidkundige Dienst" pada tahun 1914.

Generasi masakini patut berterima kasih akan upaya para pendahulu, warga Kota Bandung tempo dulu, yang telah breusaha menyelamatkan benda-benda bersejarah, warisan budaya bangsa. 

Sumber : Semerbak Bunga di Bandung Raya 
Oleh : Haryoto Kunto. 
P.T.Granesia.Bandung-1986. 




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Penemuan Situs Purbakala di Bandung

Posting Komentar