Alun-Alun Ciri Kota Tradisional

Dijual Buku Antik dan Langka

Alun-Alun Banjaran 1880
Alun-Alun Banjaran 1880'an

Alun-Alun Ciri Kota Tradisional

Menurut Prof. van Romondt (1962), pada dasarnya alun-alun merupakan halaman depan rumah namun dalam ukuran yang lebih besar. Dalam susunan stelsel masyarakat feodal, hanya para penguasa, raja, bupati, wedana dan camat, yang memiliki halaman yang paling luas di depan istana atau pendopo tempat kediamannya.

Sedangkan pusat kegiatan masyarakat sehari-hari dalam ikhwal pemerintahan, militer, perdagangan, kerajinan dan pendidikan, semua terselenggara di seputar istana sang penguasa (Lewis Mumford,"The City in History",1961).

Pada hakikatnya, fungsi kota bandar-pelabuhan (harbour principality), tempat kegiatan perdagangan dan niaga, lebih mewarnai kehidupan kota (Dr.W.F.Wertheim, Indonesia Society in Transition", 1956).

Oleh sebab itu, hanya di kota-kota administratif di pedalaman saja, alun - alun depan istana Sultan atau pendopo Kabupaten, menjadi jantung kehidupan kota.

Namun pada jaman Hindu itu, baru ada tiga komponen yang melengkapi alun-alun. Yaitu, istana Raja/Bupati, Rumah Patih disisi lain alun-alun, dan pasar yang letaknya saling berdekatan.

Baru, Islam masuk menyebar ke Nusantara, bangunan mesjid sebagai komponen ke-4, tegak berdiri menghiasi alun-alun.

Kehadiran kekuasaan Kompeni Belanda di Nusantara, sedikit ikut memberi warna bentuk, corak baru dalam tatakota. Pengaruh kolonial terlihat bekas - bekasnya di sekitar alun-alun.

Warna kolonial, mulai merasuki kota-kota pedalaman di Jawa, tatkala Herman Willem Daendels, mengawali pembangunan sistem jaringan Jalan Raya Pos (Grote Postweg).

Sumber : Semerbak Bunga di Bandung Raya - 1986 Oleh : Haryoto Kunto


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Alun-Alun Ciri Kota Tradisional

Posting Komentar