Peristiwa Banjir di Bandung Tahun 1917

Dijual Buku Antik dan Langka

Peristiwa Banjir di Bandung Tahun 1917


Banjir di Bandung

Menurut catatan yang didapat, paling tidak kota Bandung pernah lima kali mengalami banjir bandang alias air bah, yang sempat merenggut jiwa dan harta benda warga kota. Air bah, pertama kali menerjang Kota Bandung pada akhir abad XIX. Banjir besar kedua, terjadi pada tahun 1917 dan kemudian banjir ketiga 1931.

Peristiwa banjir yang paling mencekam akibat meluapnya Kali Cikapundung, dialami oleh warga kota pada tanggal 25 November 1945. Banjir Cikapundung itu mengawali peristiwa Bandung Lautan Api yang heroik.

Adapun banjir besar yang terjadi kemudian, terutama yang melanda Cekungan Bandung pada periode tahun 1974 - 1978 dan 1980 - 1984, agaknya tidak istimewa lagi. Peristiwa banjir, telah menjadi bencana alam yang bersifat rutin, kendati wilayah yang terendam air banjir cukup luas, dengan menelan kerugian moril dan meteril yang sulit diperhitungkan.

Bisa dibilang istimewa, bahwa banjir yang melanda Cekungan Bandung sempat menggugah perhatian para ahli dari berbagai bidang keilmuan. Untuk mengadakan diskusi panel mencari jalan penanggulangannya. Keikutsertaan berbagai kalangan dalam diskusi panel "Banjir di cekungan Bandung " pada tanggal 10-11 September 1984, mencermirkan tanggung jawab bersama dalam mengatasi musibah. Sumber Semerbak Bunga di Bandung Raya - Oleh Haryoto Kunto - 1986


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Peristiwa Banjir di Bandung Tahun 1917

Posting Komentar