Dampak Alkohol Terhadap Organ Tubuh

Dijual Buku Antik dan Langka






Apakah Alkohol Mengandung Nilai Gizi ?  
Ya dan tidak. Meskipun merupakan sumber kalori yang tinggi, alkohol tidak mengandung vitamin, mineral, animo acid atau protein dalam jumlah berarti. Penyakit kurang gizi sering dialami oleh para peminum alkohol karena mereka membutuhkan makanan akibat kebutuhan kalori sudah terpenuhi oleh alkohol. Kebiasaan minum-minuman yang beralkohol dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan. Effek merangsang alkohol di perut dapat mengurangi nafsu makan dan alkohol sendiri merusak kemampuan usus halus menyerap sari makanan yang selesai dicernakan.

Gangguan Alkohol terhadap Organ Tubuh. 
Menurut penelitian Rulgers Center yang menguhususkan diri mengenai akibat dari alkohol, mereka yang meminum alkohol secara normal (beberapa kali dalam sebulan) tidak memperlihatkan gangguan pada jantung,tekanan darah atau gangguan pada pembuluh darah. Artinya,tak ada bukti bahwa minum alkohol secara normal akan menimbulkan penyakit jantung,darah tinggi atau penyempitan pembuluh nadi. 

Tetapi kebiasaan minum alkohol dalam jumlah besar selama bertahun-tahun dapat menyebabkan penyakit jantung dan hanya pada beberapa kasus effek racun dari alkohol terhadap sistim cardiovascular (pembuluh darah dan jantung) begitu hebat sehingga berakibat fatal karena terlalu banyak meminum minuman beralkohol.

Gatitis (peradangan pada lambung) merupakan gangguan kronis bagi mereka yang biasa minum alkohol. Gatric ulcer (luka pada lambung) juga sering dialami. Ginjal tidak terlalu terganggu oleh alkohol. Memang aktipitas mengeluarkan air seni meningkat tetapi ini merupakan akibat alkohol terhadap kelenjar pituary (lelnjar bawah otak). Salah satu hasil dari kelenjar ini mengawasi produksi air seni oleh ginjal dan karena alkohol menyebabkan kegiatan kelenjar ini menurun,maka ginjal yang kurang mendapat pengawasan sibuk menghasilkan air seni diluar yang seharusnyaSumber : Majalah Femina No.38. 1974. 




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dampak Alkohol Terhadap Organ Tubuh

Posting Komentar