Pesta Mandi Pesta Muda Mudi Kampung Tugu Di Jakarta Utara

Dijual Buku Antik dan Langka


kebudayaan kampung tugu



Pesta Mandi 
Kok aneh ada mandi dipestain? Ah nggak, itu memang sudah merupakan tradisi penduduk Tugu setiap usai tahun baru. Pesta mandi-mandi itu berlangsung selama seminggu. Adapun maknanya selain merayakan Tahun Baru juga untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan mereka.

Mereka kebanyakan terdiri dari para remaja. Mereka mandi di laut sambil bernyani lagu Portugis. Selain pesta mandi-mandi, ada juga yang disebut pesta panen. Yakni untuk merayakan panenan padi mereka. pertamanya si pemilik tanah menjual padi, kemudian disusul pegawainya.

Kok kayaknya mereka suka pesta ya. Memang orang Portugis suka pesta, suka minum-minum tapi jangan lupa mereka tidak suka judi.

Penduduk Tugu kini telah menyebar. Mereka punya tempat tinggal di lain area seperti Tanah Abang. Pasar Senen dan lain-lain. Namun untuk tidak melupakan persaudaraan, mereka sebulan sekali tepatnya tiap minggu pertama berkumpul atau semacam reuni. Dalam pertemuan itu ada berbagai macam acara. Seperti kesenian,tari tradisional daerah mereka dan tak ketinggalan keroncong Moresconya.

Remaja-remajanya pun boleh dibanggakan dalam berbagai kegiatan. Mereka telah memiliki karang taruna,wadah kreatifitas mereka. Dan mereka telah membaur dengan penduduk Batavia. Oleh : Poetry Esa. Sumber : HAI 12-18 Maret 1985.






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Pesta Mandi Pesta Muda Mudi Kampung Tugu Di Jakarta Utara

Posting Komentar